Melayani dengan cepat dan ikhlas Mengawasi dengan kesungguhan Membina SDM secara profesional

SELAMAT DATANG
di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan

Berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Bumi Sri Gemilang, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan merupakan instansi vertikal di bawah Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat. Kantor ini merupakan kantor transformasi dari KPBC Tipe A3 Tembilahan, dengan kegiatan utama memberikan pelayanan ekspor dan impor umum serta kawasan berikat. Komoditi kepabeanan yang utama, berasal dari hasil perkebunan berupa kelapa dan kelapa sawit. Didukung oleh sumber daya dan teknologi yang ada, kami siap melaksanakan dan mensukseskan visi dan misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. DUKUNG KAMI UNTUK LEBIH BAIK!

Polling Pendapat
Kejujuran pendapat Anda tentang pelayanan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan




Peraturan Baru
Layanan Masyarakat
PENGADUAN bctembilahan@customs.go.id SMS : 081275377466; Telp (0768)325745
Petugas 1 Petugas 2

Form Pengaduan


*Demi kepentingan bersama, IP Address Anda berikut ini 54.89.60.200 akan kami simpan.
Statistik Pengunjung
Minggu ini : 1795
Bulan ini : 6008
Tahun ini : 96514
Online : 2
Anda pengunjung ke :
00230371

Berita & Agenda

ULANG TAHUN KE - 2 BC TEMBILAHAN

Des
03
ULANG TAHUN KE - 2 BC TEMBILAHAN

Genap dua tahun sudah Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tembilahan melayani sebagai kantor modern Tipe Madya Pabean C. Sejak ditetapkannya sebagai kantor modern pada tanggal 21 November 2012, KPPBC Tipe Madya Pabean C telah berhasil meraih berbagai prestasi yang yang membanggakan. Bukan hanya berprestasi prestasi berskala lokal seperti penghargaan juara kebersihan instansi vertikal Kabupaten Indragiri Hilir tiga tahun berturut - turut, atau juara turnamen Futsal instansi Kabupaten Indragiri Hilir, namun KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan juga berhasil mengukir prestasi yang membanggakan berskala nasional dengan mendapat penghargaan sebagai Satuan Kerja Terbaik Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada acara Laporan Keuangan tahun 2013 dan sebagai Kantor Pelayanan Percontohan Kementerian Keuangan pada tahun 2013. Hal ini tentu saja bukan pekerjaan  yang mudah dan cepat, melainkan dilahirkan dari sebuah proses yang berat dan panjang serta kerja keras seluruh elemen pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tembilahan yang tidak hentinya melakukan perbaikan secara terus menerus dan senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan dan pengawasan.




Untuk merayakan ulang tahun kedua Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tembilahan yang jatuh pada tanggal 21 November 2014 tersebut, pada hari Kamis tanggal 27 November 2014 diadakan acara perayaan sederhana yang bertempat di Aula Sri Gemilang KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Acara dihadiri oleh segenap pegawai dan unsur pendukung kantor serta pengguna jasa di Lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.

Acara digelar secara sederhana yang dimulai dengan penyampaian sambutan oleh Kepala Kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, Gunawan Tri Wibowo. Pada kata sambutannya, beliau mengingatkan kembali akan prestasi – prestasi yang sudah dicapai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, kemudian beliau juga menyampaikan bahwa beliau cukup bangga dengan prestasi dan kinerja seluruh elemen di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, namun beliau juga menegaskan bahwa seluruh pegawai dan unsur pendukung kantor untuk tidak cepat puas dengan prestasi – prestasi yang sudah dicapai, beliau menghimbau agar tetap melakukan perbaikan terus – menerus dan meningkatkan kualitas kinerja pelayanan dan pengawasan pada KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.

Setelah kata sambutan dari Kepala Kantor, acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Kepala Urusan Rumah Tangga, Mawardi. Dalam doa yang disampaikan beliau, tersirat haturan puji syukur atas capaian prestasi dan harapan – harapan untuk masa yang akan datang pada KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Setelah selesai berdoa bersama, akhirnya tiba di puncak acara yaitu pemotongan kue ulang tahun dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian potongan kue oleh Kepala Kantor kepada beberapa perwakilan pegawai, dan ditutup dengan acara makan siang bersama.

Meskipun acara diadakan secara sederhana namun tetap meriah dengan diselinginya acara oleh penampilan grup musik yang beranggotakan para pegawai di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Pada acara ulang tahun tersebut grup musik yang beranggotakan lima orang tersebut tampil cukup meriah dengan membawakan beberapa lagu yang cukup familiar kemudian pada penghujung acara ditutup dengan penampilan kolaborasi dengan Kepala Seksi Perbendaharaan sekaligus pembina seksi kesenian dari badan pembina olahraga dan kesenian pada KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.

Dengan adanya perayaan ulang tahun KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan yang kedua ini, tersirat harapan – harapan dari segenap pegawai dan unsur pendukung kantor untuk tetap menjaga komitmen memberikan yang terbaik untuk pemangku kepentingan. Maju terus bea cukai Tembilahan !

STUDI BANDING BC PEKANBARU

Des
02
STUDI BANDING BC PEKANBARU

Sudah dikenal dengan beragam prestasi dan capaian – capaiannya baik di lingkungan Direktorat dan Jenderal Bea dan Cukai maupun Kementerian Keuangan, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan kerap kali dijadikan tempat untuk menimba ilmu oleh instansi lain baik yang bernaung dibawah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai maupun instansi pemerintahan setempat.

Pada hari Kamis tanggal 27 November 2014, beberapa pegawai dari Bea Cukai Pekanbaru diutus untuk melakukan studi banding ke KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Pada acara tersebut, rombongan bea cukai Pekanbaru yang beranggotakan empat orang pelaksana dan didampingi Kepala Subbagian Umum KPPBC Pekanbaru berkesempatan untuk mengamati dan mempelajari berbagai sistem kerja yang diterapkan di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.  Hal yang menjadi sorotan utama pada kesempatan studi banding antara lain seputar penerapan otomasi pelayanan melalui Aplikasi Mandiri CTIA (Customs Tembilahan Integrated Application) dan SIPP (Sistem Informasi Pra Pelayanan) serta pengelolaan kearsipan pada KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.

Pada pagi hari, kedatangan rombongan bea cukai Pekanbaru langsung disambut hangat oleh Kepala Kantor, para pejabat dan pelaksana pada KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Rombongan langsung diarahkan ke ruang rapat Kemuning, untuk dilakukan presentasi seputar profil dan aplikasi mandiri pada KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Presentasi dipimpin langsung oleh Kepala Kantor, Gunawan Tri Wibowo dan diisi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Agustinus Rahmad Subagyo sebagai pembicara. Selain sebagai wujud kepedulian, presentasi yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor tersebut, juga sebagai wujud keterbukaan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan terhadap instansi – instansi lain baik sesama instansi dibawah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai maupun instansi lainnya untuk berbagi pengetahuan.

Setelah selesai dengan presentasi seputar profil kantor dan aplikasi mandiri KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, acara dilanjutkan dengan meninjau langsung ke unit – unit pelayanan dan pengelola arsip. Kegiatan studi banding berlangsung lancar dan komunikatif, melihat cukup banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh rombongan bea cukai Pekanbaru.

Adanya kegiatan studi banding instansi lain ke KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi seluruh elemen di lingkungan kantor. Dengan adanya kegiatan seperti ini berarti KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan masih tetap bisa menjaga kinerja dan kualitas pelayanan yang terbaik untuk pemangku kepentingan sehingga membuat instansi lain berani menaruh keyakinan bahwa KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mampu berbagi pengetahuan lebih untuk instansi tersebut. Hal ini juga diharapkan menjadi pemicu semangat seluruh elemen pada KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan untuk tidak cepat puas serta tetap menjaga kualitas dan senantiasa berbenah diri menjadi lebih baik.

INTERNALISASI KMK – 467 TAHUN 2014

Des
02
INTERNALISASI KMK – 467 TAHUN 2014

Pada hari Kamis, tanggal 27 November 2014 KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengadakan Internalisasi terkait peraturan terbaru yaitu KMK – 467 / 2014 tentang Pengelolaan Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Acara Internalisasi Pengelolaan Kinerja ini dimulai pada pukul 09.00 WIB, bertempat di Aula Sri Gemilang KPPBC Tipe Madya Pabean  C Tembilahan. Pembicara pada acara kali ini diisi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Agustinus Rahmad Subagyo. Pada acara internalisasi yang dihadiri oleh segenap pegawai pada KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan ini, beliau menjelaskan secara rinci tentang sistem pengelolaan kinerja di lingkungan Kementerian Keuangan untuk tahun 2015 yang akan datang. Pada KMK – 467 / 2014 ini beliau menjelaskan bahwa aturan pengelolaan kinerja untuk tahun yang akan datang sudah lebih sistematis dan  lebih terorganisir, mengingat cukup banyak hal – hal yang belum diatur pada tahun – tahun sebelumnya namun sudah diatur pada KMK ini, misalnya saja seperti tenggat waktu pembuatan kontrak kinerja, dan masih banyak lagi. Acara berlangsung cukup interaktif, hal ini dapat dilihat dari antusiasme para pegawai memunculkan pertanyaan – pertanyaan yang cukup variatif sebagai peserta internalisasi.

Dengan dilakukannya internalisasi pengelolaan kinerja berdasarkan peraturan terbaru ini, diharapkan para pegawai di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan dapat lebih mengerti tentang peranan atau tugas masing – masing pegawai, dan mengetahui cara atau sistem pengelolaan kinerja yang baik dan benar. Sehingga kedepannya dapat terus meningkatkan kualitas pekerjaan dan pelayanan untuk kemajuan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan pada khususnya.

HARI OEANG BC TEMBILAHAN

Nov
03
HARI OEANG BC TEMBILAHAN

Kamis, tanggal 30 Oktober 2014, dalam rangka memperingati Hari Oeang Republik Indonesia ke 68, sama seperti kantor – kantor lain di Indonesia yang bernaung dibawah Kementerian Keuangan, KPPBC Tipe Madya Pabean C menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang bertujuan untuk turut meramaikan peringatan Hari Oeang.

 

 

Kegiatan dimulai dipagi hari dengan pelaksanaan upacara peringatan Hari Oeang, namun mengingat kondisi geografis dan efisiensi pelayanan kepabeanan yang tetap harus berjalan, upacara peringatan Hari Oeang ke 68 khusus untuk kantor – kantor yang berada di wilayah Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu dipusatkan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Rengat yang dalam hal ini dihadiri oleh Kepala Kantor sebagai perwakilan dari KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Sementara di lingkungan kantor KPPBC Tembilahan, dilaksanakan apel pagi yang diikuti para pegawai dan dipimpin oleh Plh. Kepala Kantor.

Setelah selesai mengikuti apel pagi, rangkaian kegiatan di lingkungan kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan dilanjutkan dengan agenda Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (P2KP) yang bertajuk Internalisasi Visi Misi dan Fungsi Utama KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, terkait dengan penetapan Visi Misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang terbaru, sekaligus P2KP Pengenalan, Identifikasi dan Penanganan Narkotika Psikotropika dan Prekusor (NPP). Kegiatan berlangsung cukup lama mengingat terdapat 2 topik pembahasan yang dibicarakan pada P2KP kali ini, namun para pegawai terlihat tetap semangat dalam mengikuti kegiatan. Hal ini mungkin disebabkan kegiatan P2KP kali ini diadakan sedikit berbeda yaitu dibuat dengan konsep tanya jawab sehingga komunikasi tidak hanya berjalan satu arah dari narasumber kepada para pegawai, namun para pegawai juga aktif dalam memberikan opini dan pertanyaan terkait topik pembahasan. Selain itu suasana pelaksanaan kegiatan juga cenderung sedikit lebih santai, karena pemberian materi – materi diselingi dengan candaan – candaan dari pemberi materi, sehingga para pegawai tidak bosan mengikuti kegiatan tersebut.


Setelah acara P2KP selesai dilaksanakan, kegiatan langsung dilanjutkan dengan kegiatan donor darah. Kegiatan yang dilaksanakan serempak diseluruh kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ini, merupakan agenda rutin Direktorat Jenderal Bea dan Cukai setiap tahun untuk memperingati Hari Oeang Republik Indonesia. Kegiatan ini juga sebagai salah satu wujud kepedulian dan aksi sosial para pegawai dilingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terhadap minimnya cadangan darah pengganti yang tersedia untuk orang – orang sakit yang membutuhkan donor darah.

Acara donor darah dibuka dengan sambutan Plh. Kepala Kantor, Agustinus Rahmad Subagyo, dalam sambutannya beliau menanggapi kegiatan ini sebagai kegiatan yang sangat bermanfaat, beliau juga mengharapkan agar KPPBC Tembilahan dan PMI Tembilahan tetap menjalin kerjasama yang baik terutama dalam hal kebutuhan cadangan darah pengganti yang dibutuhkan PMI, yaitu apabila sewaktu – waktu dibutuhkan para pegawai KPPBC Tembilahan siap memberikan donor darah. Kemudian pada akhir sambutannya, beliau juga menghimbau agar semua pegawai dan unsur pendukung kantor turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari salah seorang perwakilan PMI Tembilahan, mengingat Ketua PMI Tembilahan tidak dapat menghadiri acara pada saat itu. Setelah sambutan dari pihak PMI Tembilahan, kegiatan donor darah langsung dimulai. Kegiatan donor darah kali ini diikuti bukan hanya oleh para pegawai dan unsur pendukung kantor KPPBC Tembilahan, namun para pengguna jasa di lingkungan KPPBC Tembilahan juga turut mendonorkan darah. Seperti biasa, sebelum mendonorkan darah, kesehatan para pendonor diperiksa terlebih dahulu. Selain untuk kebutuhan donor darah, pada kegiatan ini juga sekaligus dilakukan pengujian kesehatan melalui screening darah untuk penyakit – penyakit seperti HIV / AIDS dan penyakit lainnya.

Acara juga berlangsung lancar dan cukup menarik karena para peserta kegiatan yang mendonorkan darahnya diiringi dengan sajian musik yang ditampilkan pegawai pada KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Kemudian setelah semua peserta selesai mendonorkan darahnya, acara ditutup dengan foto bersama perwakilan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan dengan perwakilan PMI Tembilahan. Secara keseluruhan rangkaian acara peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke 68 ini berlangsung lancar dan meriah.

OPERASI PASCA LEBARAN

Okt
23
OPERASI PASCA LEBARAN

Dalam rangka memberantas peredaran Barang Kena Cukai yang melanggar ketentuan di bidang cukai dan Barang yang melanggar ketentuan larangan dan pembatasan (lartas) impor selama kurun waktu dua bulan terakhir (pasca lebaran), Petugas Bea dan Cukai Tembilahan kembali melakukan operasi pengawasan dan penindakan di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu.

 

Operasi pertama dilakukan pada minggu ke tiga bulan Agustus 2014, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan bersama Tim P2 Kanwil Riau dan Sumbar melakukan operasi peredaran Barang Kena Cukai (BKC) di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir. Dalam operasi tersebut berhasil dilakukan penegahan terhadap  748 karton (17.952 kaleng) Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) berupa bir ex impor berbagai merk tanpa dilekati pita cukai yang ditemukan di sebuah gudang di kota Tembilahan dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp 266.800.000,- dengan kerugian negara yang ditimbulkan diperkirakan sebesar Rp 147.500.000,-.

Kemudian pada minggu kedua bulan September 2014, berdasarkan informasi intelijen, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan kembali berhasil melakukan penegahan terhadap BKC berupa 27 karton rokok (405.600 batang) jenis SPM berbagai merk tanpa dilekati pita cukai asal kawasan bebas Batam dan 49 karton (1.176 kaleng) MMEA berupa Bir ex impor merk ‘ABC’ yang diangkut menggunakan truk, yang ditegah tepatnya di Jalan Lintas Tembilahan - Rengat, Indragiri Hilir. Nilai barang tersebut diperkirakan sebesar Rp 215.254.400,- dengan perkiraan kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 116.498.000,-.

Kurang lebih satu pekan setelah operasi BKC yang kedua, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan berdasarkan Nota Hasil Intelijen mencurigai ada pergerakan rokok ilegal dari daerah Rumbai, Indragiri Hilir yang dibawa dengan mobil Avanza hitam. Setelah dilakukan pengejaran (hot pursuit) dan dapat dihentikan mobil Avanza hitam tersebut didapati rokok ilegal sebanyak 18 karton dan 79 slop (230.240 batang) jenis SPM berbagai merk tanpa dilekati pita cukai asal kawasan bebas Batam. Perkiraan nilai barang tersebut adalah sebesar Rp. 126.401.760,- dengan perkiraan kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 56.408.800,-.

Tidak lebih sepekan dari operasi BKC yang ketiga, berdasarkan informasi intelijen dan setelah dilakukan pengembangan dan penelusuran lagi-lagi Petugas Bea dan Cukai Tembilahan melakukan penegahan terhadap BKC berupa rokok ilegal sebanyak 177 karton (2.265.600 batang) jenis SPM merk "SANGGORO S CLASS" tanpa dilekati pita cukai asal kawasan bebas Batam yang diangkut dengan menggunakan truk di wilayah Indragiri Hilir arah jalan lintas timur sumatera. Perkiraan nilai barang tersebut adalah sebesar Rp 1.243.814.400,- dengan perkiraan kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 555.072.000,-.

Pada operasi yang kelima, kurang lebih dua pekan setelah operasi yang keempat, kembali Petugas Bea dan Cukai Tembilahan melakukan penegahan terhadap dua buah truk di daerah Rumbai, Indragiri Hilir yang membawa 400 karton rokok ilegal (4.290.800 batang) jenis SPM berbagai merk tanpa dilekati pita cukai asal kawasan bebas Batam. Nilai barang tersebut diperkirakan sebesar Rp  2.450.779.200,- dengan perkiraan kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 1.154.146.00.

Pada akhir operasi tepatnya tanggal 13 Oktober 2014, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan berhasil mengamankan 438 unit ponsel baru berbagai type dari speed boat penumpang ‘R J’ rute Batam tujuan ke Dermaga Syahbandar Tembilahan. Bahwa penegahan tersebut merupakan hasil informasi intelijen terkait adanya upaya pengiriman barang larangan dan pembatasan asal kawasan bebas Batam ke wilayah Tembilahan , melalui dan nilai barang tersebut diperkirakan sebesar Rp 116.500.000,-.

Dari hasil operasi BKC  dan Barang yang melanggar ketentuan larangan dan pembatasan (lartas) selama kurun waktu dua bulan terakhir tersebut didapat nilai barang hasil penindakan mencapai Rp 4.419.549.760,- dengan perkiraan kerugian negara yang ditimbulkan mencapai Rp 2.029.624.800,- dan telah berhasil ditegah sebanyak 7.192.240 Batang rokok, 797 karton Bir dan 438 unit ponsel.

Menyikapi hasil pelaksanaan operasi tersebut, Kepala KPPBC TMP C Tembilahan, Gunawan Tri Wibowo, dalam keterangannya menghimbau agar seluruh elemen masyarakat khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu untuk tidak melakukan kegiatan jual beli/distribusi rokok asal kawasan bebas tanpa dilekati pita cukai dan/atau rokok yang pita cukai yang dilekatkan tidak sesuai dengan yang diwajibkan karena dapat mengakibatkan kerugian Negara dan  kepada penjual eceran agar tidak melakukan jual beli/distribusi rokok yang melanggar ketentuan di bidang Cukai. Dan untuk barang yang berkategori lartas Kepala KPPBC TMP C Tembilahan, Gunawan Tri Wibowo,  menghimbau agar semua lapisan masyarakat untuk tidak mengambil kesempatan dengan memasukkan barang larangan dan pembatasan tanpa dilindungi dokumen kepabeanan. Beliau juga menerangkan bahwa akan terus meningkatkan pengawasan dan mengembangkan informasi-informasi intelijen untuk ditindaklanjuti dengan operasi pencegahan dan penindakan secara berkesinambungan. (Seksi KIP).