Melayani dengan cepat dan ikhlas Mengawasi dengan kesungguhan Membina SDM secara profesional

SELAMAT DATANG
di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan

Berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Bumi Sri Gemilang, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan merupakan instansi vertikal di bawah Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat. Kantor ini merupakan kantor transformasi dari KPBC Tipe A3 Tembilahan, dengan kegiatan utama memberikan pelayanan ekspor dan impor umum serta kawasan berikat. Komoditi kepabeanan yang utama, berasal dari hasil perkebunan berupa kelapa dan kelapa sawit. Didukung oleh sumber daya dan teknologi yang ada, kami siap melaksanakan dan mensukseskan visi dan misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. DUKUNG KAMI UNTUK LEBIH BAIK!

Polling Pendapat
Kejujuran pendapat Anda tentang pelayanan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan




Peraturan Baru
Layanan Masyarakat
PENGADUAN bctembilahan@customs.go.id SMS : 081275377466; Telp (0768)325745
Petugas 1 Petugas 2

Form Pengaduan


*Demi kepentingan bersama, IP Address Anda berikut ini 54.221.38.147 akan kami simpan.
Statistik Pengunjung
Minggu ini : 837
Bulan ini : 3219
Tahun ini : 15040
Online : 2
Anda pengunjung ke :
00358594

Berita & Agenda

Pemusnahan BMN Bulan Desember 2015

Des
21
Pemusnahan BMN Bulan Desember 2015

Pada hari Jum’at, 18 Desember 2015 bertempat di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sungai Beringin, Tembilahan-Riau, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan melaksanakan acara Pemusnahan Barang Yang Menjadi Milik Negara atas hasil penindakan tahun 2014-2015. Acara ini dihadiri oleh pejabat / perwakilan dari unsur muspida kabupaten Indragiri Hilir dan Instansi Vertikal yang berada diwilayah kabupaten Indragiri Hilir maupun diluar kabupaten Indragiri Hilir, para pegawai KPPBC TMP C Tembilahan serta para rekan rekan media massa baik media cetak maupun media elektronik.

 

  

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, Gunawan Tri Wibowo dalam sambutannya menuturkan, bahwa kegiatan Pemusnahan Barang Yang Menjadi Milik Negara ini merupakan salah satu kontribusi KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan sebagai unit pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dalam rangka pengawasan terhadap pemasukan dan pengeluaran barang ilegal dari Luar Daerah Pabean (luar negeri) maupun Kawasan Bebas, Khususnya Batam.  

 

 Pemusnahan terhadap 11 kasus dari Barang Hasil Penindakan Tahun 2014 dan 2015 ini sesuai dengan surat persetujuan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang terdiri dari produk hasil tembakau berupa rokok khusus Kawasan Bebas Batam sebanyak 375 carton, 436 slop, Minuman Mengandung Etil Alkohol berupa bir sebanyak 11 carton, pakaian bekas sebanyak 842 karung, minuman ringan sebanyak 60 case, total keseluruhan nilai barang tersebut diperkirakan mencapai 2,1 milyar rupiah, dan akibat dari pelangaran ketentuan perundang-undangan ini dapat menimbulkan kerugian negara berupa kehilangan potensi penerimaan sekitar 1,3 milyar rupiah. Selain dampak materil, juga akan menimbulkan dampak imaterill berupa terganggunya stabilitas pasar dalam negeri khususnya produk barang yang dimusnahkan sejenis, dan tidak terpenuhinya perlindungan terhadap konsumen.

 

 Terlepas dari dampak materi yang dirugikan, pelanggaran ini juga akan menimbulkan dampak imateriil berupa terganggunya stabilitas pasar dalam negeri, dan tidak terpenuhinya perlindungan terhadap konsumen / masyarakat. Melalui Kegiatan ini diharapkan dapat menimbulkan efek jera kepada para pelaku pelanggaran Undang-Undang Kepabeanan dan Cukai, serta dapat meningkatkan sinergi antar instansi pemerintah dalam mengamankan hak-hak penerimaan negara maupun dalam melindungi negara dari masuknya barang-barang berbahaya asal luar negeri. Semoga kedepannya Bea dan Cukai Tembilahan dapat memberikan prestasi yang lebih baik dalam menjalankan tugas dan fungsi khususnya dibidang pengawasan dan pelayanan. (Bravo BC Tembilahan).

P2KP Tata Naskah dinas

Des
01
P2KP Tata Naskah dinas

Dalam pekerjaan sehari hari kita pasti selalu bersinggungan dengan peraturan Tata Naskah Dinas, contohnya dalam pembuatan Nota Dinas, Surat Pengantar dan lain lain. Para pegawai pada KPPBC TMP C Tembilahan sadar betul akan pentingnya peraturan mengenai  Tata Naskah Dinas ini, dan oleh sebab itu pada tanggal 1 Desember 2015, diadakanlah P2KP mengenai Tata Naskah Dinas yang bertempat di Aula Sri Gemilang. P2KP Tata Naskah Dinas ini dihadiri oleh seluruh pegawai KPPBC TMP C Tembilahan yang berkenan hadir, ada beberapa pegawai yang tidak dapat hadir hadir mengikuti P2KP Tata Naskah Dinas ini yang dikarenakan dinas luar dan tugas belajar. Penyampaian materi ini disampaikan oleh Achmad Kamil selaku pegawai yang baru saja mengikuti pelatihan mengenai Tata Naskah Dinas. 

  

Penyampaian materi dikemas dengan menarik, antusiasme dari para pesert P2KP terasa sangat tinggi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya tanya jawab yang terjadi antara peserta dan pembawa materi P2KP. Pada P2KP ini terdapat banyak sekali manfaat yang dapat diterima dikarenakan para pegawai di lingkungan KPPBC TMP C Tembilahan seperti mengetahui apa yang harus diperbaiki dalam urusan Tata Naskah Dinas dan apa yang telah benar dan harus dipertahankan untuk kedepannya.

  

Semoga kedepannya urusan mengenai Tata Naskah Dinas di KPPBC TMP C Tembilahan lebih baik lagi kedepannya.

Bravo Bea Cukai Tembilahan!

Apel Pagi KPPBC TMP C Tembilahan

Des
01
Apel Pagi KPPBC TMP C Tembilahan

Disiplin! Itulah kata yang harus selalu dipegang oleh pegawai Bea Cukai khususnya para pegawai yang berada di KPPBC TMP C Tembilahan. Sikap disiplin adalah tonggak dari kelancaran dalam bekerja guna meningkatkan kinerja kita sebagai aparatur Negara. KPPBC TMP C Tembilahan sadar betul akan pentingnya sikap disiplin tersebut dalam pekerjaan sehari-hari, maka dari itu pada tanggal 1 Desember 2015, pegawai KPPBC TMP C Tembilahan mengadakan apel pagi yang berlangsung di halaman depan kantor. Apel pagi dimulai pada pukul 07.30 WIB, dan yang lebih menarik pada apel pagi KPPBC TMP C Tembilahan pagi ini adalah seluruh perangkat apel diisi oleh pegawai yang baru saja selesai melaksanakan Diklat Kesamaptaan.  

  

Perangkat apel tersebut sengaja diisi oleh para pegawai yang baru saja melaksanakan Diklat Kesamaptaan agar apa yang telah mereka pelajari selama melakukan Diklat dapat diaplikasikan ke satuan kerja dan sekaligus untuk mensosialisasikan peraturan mengenai tata upacara atau apel yang terbaru yaitu PERPANG-47 tanggal 31 Desember 2014.

  

Kepala Kantor KPPBC TMP C Tembilahan bapak Gunawan Tri Wibowo selaku Pejabat Pengambil Apel, memberikan amanat kepada seluruh pegawai dan unsur pendukung kantor mengenai kedisiplinan dalam bekerja dan terus meningkatkan kinerja seperti yang telah dibacakan dalam nilai-nilai perilaku pegawai Kementerian Keuangan agar tercapainya pekerjaan yang maksimal. Setelah apel pagi selesai dilanjutkan dengan foto bersama seluruh pegawai dan unsur pendukung KPPBC TMP C Tembilahan.

Ulang Tahun Bea Cukai Tembilahan

Des
01
Ulang Tahun Bea Cukai Tembilahan

Bon 3rd Anniversaire ! begitulah yang terpampang pada banner di Aula Sri Gemilang KPPBC TMP C Tembilahan. 21 November 2015 kemarin adalah hari jadi KPPBC TMP C Tembilahan yang ke-3 sebagai kantor modern. Sebenarnya kantor Bea Cukai Tembilahan telah lama berdiri namun terdapat pergantian nama kantor pergantian lokasi kantor, dan yang terakhir pada tahun 2012 yang lalu kantor Bea Cukai Tembilahan bertransformasi menjadi kantor modern yang oleh sebab itu kantor Bea Cukai Tembilahan lahir baru menjadi KPPBC TMP C Tembilahan. Acara dimulai dengan  MC membuka acara lalu dilanjutkan kesan dan pesan oleh perwakilan pegawai dimulai dari pak Mukhlis, Ibu Siti pak Setiawan dan yang terakhir oleh Endra. 

  

Setelah sesi kesan dan pesan selesai acara dilanjutkan dengan penampilan Standup Comedy dari salah seorang pegawai yaitu Hafizh Ezyoni, penampilan dari pegawai tersebut mengundang gelak tawa dari seluruh hadirin yang berada di Aula Sri Gemilang hingga membuat acara perayaan ulang tahun KPPBC TMP C Tembilahan yang ketiga tersebut berlangusng meriah.

  

Tak lupa bapak Gunawan Tri Wibowo selaku Kepala Kantor menyampaikan kata sambutannya dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang secara simbolis diwakilkan kepada 3 orang pegawai dengan kategori berbeda, tumpeng pertama diberikan kepada pegawai paling senior, lalu tumpeng kedua diberikan kepada pejabat eselon IV paling senior dan terakhir kepada pelaksana paling muda pada KPPBC TMP C Tembilahan. Ulang tahun ketiga KPPBC TMP C Tembilahan ini bukan hanya sekedar bertambahnya usia kantor dari angka 2 menjadi 3 namun juga menjadi tolak ukur terhadap kualitas kantor kedepannya, apa yang telah dilakukan selama setahun kebelakang akan menjadi dasar untuk meningkatkan kualitas kantor untuk setahun kedepan.

  

Acara perayaan ulang tahun ketiga KPPBC TMP C Tembilahan ini ditutup dengan doa, yang selanjutnya acara dilanjutkan dengan makan bersama seluruh pegawai dan unsur pendukung kantor di Aula Sri Gemilang.

PEMBAYARAN NEGARA MENGGUNAKAN KODE BILLING

Nov
09
PEMBAYARAN NEGARA MENGGUNAKAN KODE BILLING

“Selamat datang di Aula Sri Gemilang” begitulah sambutan yang diberikan saat pembukaan acara Sosialisasi Pembayaran Negara dengan Menggunakan Kode Billing (MPN G-2) hari Rabu, tanggal 4 November 2015.

 Pembayaran negara menggunakan Modul Penerimaan Negara G-2, merupakan pengembangan dari sistem pembayaran negara yang sebelumnya, Modul Penerimaan Negara generasi pertama yang telah digunakan sejak tahun 2006. Sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK-32/PMK.05/2014 tentang Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik menyebutkan pembayaran/penyetoran penerimaan negara ke Bank/Pos Persepsi menggunakan kode billing.

 

Dwi Suhartanto selaku Plh. Kepala Kantor membuka acara sosialisasi dan menjelaskan sekaligus memberikan gambaran singkat mengenai kode billing kepada peserta dan undangan yang dihadiri oleh perwakilan bank/pos persepsi juga pengguna jasa yang terdiri dari importir, eksportir, pengangkut dan pengusaha kawasan berikat.

Pembayaran menggunakan kode billing ini nantinya akan memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi pengguna jasa, biller/DJBC, dan juga Bank/Pos Persepsi. Salah satu kemudahan yang diperoleh dari penggunaan billing yaitu dalam proses pembuatan dan pembayarannya. Prinsip dasar untuk pembayaran billing hampir sama dengan kode pembayaran tiket pesawat yang didapatkan melalui pemesanan secara online. Hal yang persis sama juga berlaku untuk pembuatannya, sama-sama dilakukan secara online yang tentunya akan memudahkan. Untuk pembayaran sendiri, apabila billing/tagihan yang akan dilunasi telah mendapatkan kode billing pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai pilihan seperti melalui ATM, Internet Banking, Mesin EDC (Electronic Data Capture), Kantor Pos dan juga Teller Bank Persepsi. Pemaparan dan penjelasan lebih lanjut mengenai prosedur-prosedur, alur pembayaran dokumen kepabeanan, dan kode billing secara umum disampaikan oleh Olverio Arief, Pelaksana pada KPPBC Tembilahan.

 

Setelah penjelasan materi, kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Kemudian seluruh peserta sosialisasi bersama-sama melakukan simulasi pembuatan kode billing yang dipandu oleh pegawai Bea Cukai Tembilahan. Simulasi ini meningkatkan antusiasme peserta terhadap penggunaan kode billing ini nantinya. Di tengah-tengah pelaksanaan simulasi juga kembali diselingi tanya jawab dan diskusi antara peserta dan narasumber.

Menjelang siang hari, Sosialisasi Pembayaran Negara dengan Menggunakan Kode Billing (MPN G-2) ditutup dengan harapan sistem yang memudahkan dapat memberi hasil yang memuaskan baik dalam penerimaan DJBC kedepannya dan dalam implementasi MPN G-2 (kode billing) yang direncanakan mulai tanggal 1 Januari 2016 nanti.

Keep Innovating. Bravo Bea Cukai!