Melayani dengan cepat dan ikhlas Mengawasi dengan kesungguhan Membina SDM secara profesional

SELAMAT DATANG
di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan

Berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Bumi Sri Gemilang, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan merupakan instansi vertikal di bawah Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat. Kantor ini merupakan kantor transformasi dari KPBC Tipe A3 Tembilahan, dengan kegiatan utama memberikan pelayanan ekspor dan impor umum serta kawasan berikat. Komoditi kepabeanan yang utama, berasal dari hasil perkebunan berupa kelapa dan kelapa sawit. Didukung oleh sumber daya dan teknologi yang ada, kami siap melaksanakan dan mensukseskan visi dan misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. DUKUNG KAMI UNTUK LEBIH BAIK!

Polling Pendapat
Kejujuran pendapat Anda tentang pelayanan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan




Peraturan Baru
Layanan Masyarakat
PENGADUAN bctembilahan@customs.go.id SMS : 081275377466; Telp (0768)325745
Petugas 1 Petugas 2

Form Pengaduan


*Demi kepentingan bersama, IP Address Anda berikut ini 23.22.173.58 akan kami simpan.
Statistik Pengunjung
Minggu ini : 993
Bulan ini : 7324
Tahun ini : 89367
Online : 2
Anda pengunjung ke :
00223224

Berita & Agenda

CVC PULAU SAMBU GROUP

Sep
26
CVC PULAU SAMBU GROUP

Sebagai salah satu wujud untuk melaksanakan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai Industrial Assistance,  KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan kembali melakukan Customs Visit Customer pada hari Kamis sampai dengan Jumat tanggal 18 sampai dengan 19 September 2014 di Perusahaan Pulau Sambu Group. 

Adapun agenda acara Customs Visit Customer kali ini adalah untuk meninjau perkembangan penerapan IT Inventory sekaligus melakukan sosialisasi atas peraturan terbaru yaitu PMK Nomor 145/PMK.04/2014 yang merupakan perubahan kedua atas PMK Nomor 145/PMK.04/2007 tentang Ketentuan Kepabeanan di Bidang Ekspor pada PT Pulau Sambu Guntung, PT Riau Sakti United Plantation, dan PT Pulau Sambu Kuala Enok.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor KPPBC TMP C Tembilahan, Gunawan Tri Wibowo, serta dilaksanakan oleh Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis, Momon Rusmono. Selain itu, kegiatan juga dihadiri oleh pimpinan dan segenap staff Pulau Sambu Grup.

Acara dimulai dengan sosialisasi PMK Nomor 145/PMK.04/2014 tentang Perubahan Kedua atas PMK Nomor 145/PMK.04/2007 tentang Ketentuan Kepabeanan di Bidang Ekspor yang dipaparkan oleh Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan Company Profile  dan peninjauan perkembangan IT Inventory pada masing – masing perusahaan yang dimulai dengan PT Pulau Sambu Guntung, PT Riau Sakti United Plantation dan terakhir oleh PT Pulau Sambu Kuala Enok. Setelah itu Kepala Kantor dan Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis menanggapi kesesuaian penerapan yang sudah dilakukan dengan persyaratan IT Inventory yang diinginkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Acara Customs Visit Customer berlangsung baik dan interaktif, hal ini terlihat dari keseriusan para staff dan pegawai dalam mengikuti sosialisasi dan pada saat berlangsung sesi tanya jawab. Setelah selesai sosialisasi dan asistensi, acara ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama.

CUSTOMS INVITE SCHOOL

Sep
18
CUSTOMS INVITE SCHOOL

Pada Rabu, 17 September 2014 KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengundang SMK Negeri 2 Tembilahan dan MAN 039 Tembilahan dalam acara “Customs Invite School”. Acara ini dilaksanakan di Aula Sri Gemilang dalam rangka untuk mengenalkan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kepada masyarakat umum khususnya kepada para pelajar sekolah menengah di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. 

 

 

Penyerahan cinderamata  MC

Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala Kantor, Gunawan Tri Wibowo dan dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan SMK 2 Tembilahan dan MAN 039 Tembilahan. Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Agustinus Rahmad Subagyo mengenai empat tugas dan fungsi DJBC kepada pelajar yakni, revenue collector yaitu mengoptimalkan penerimaan negara melalui penerimaan bea masuk, bea keluar, PDRI dan cukai, community protector yaitu melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya yang dapat merusak kesehatan masyarakat dan meresahkan masyarakat, trade facilitator yaitu dengan menciptakan kelancaran arus barang sehingga tercipta iklim perdagangan yang kondusif, dan industrial assistance yaitu membantu meningkatkan industri dalam negeri sehingga dapat bersaing di pasar internasional.

Peserta  

Pada kesempatan ini disampaikan mengenai penerimaan pegawai negeri sipil di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dengan lulusan D-III Pelayaran, D-III Umum serta Sekolah Menengah Kejuruan(SMK). Selain penyampaian mengenai penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukiai, pada acara ini juga dilakukan sosialisasi mengenai Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yamg disampaikan oleh mahasiswa STAN yang sedang melaksanakan praktek kerja lapangan di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilhan. Hal ini bertujuan untuk mengajak para pelajar sekolah menengah agar ikut bergabung menjadi anggota atau pegawai Bea dan Cukai dengan melanjutkan pendidikan ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), setelah itu acara dilajutkan dengan tanyajawab seputar tugas dan fungsi DJBC sekaligus bagaimana proses penerimaan DI STAN Pekanbaru dan acara ini disambut dengan sangat antusias.

  

Acara “Customs Invite School” diakhiri dengan mengajak para pelajar tur keliling kantor untuk menunjukkan sarana dan prasarana serta kegiatan yang dilakukan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tembilahan, sekaligus pengenalan peralatan yang digunakan oleh tim P2 KPPBC dalam melakukan kegiatan operasi.

Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan nantinya banyak putra-putri daerah Riau khususnya di wilayah Tembilahan yang akan menjadi bagian dari keluarga besar Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Foto Bersama

OFFICE ADMINISTRATION BC Tembilahan

Sep
08
OFFICE ADMINISTRATION BC Tembilahan

Senin, 8 September 2014, dilaksanakan P2KP dengan tema Office Administration Nasiolal. Acara digelar di Aula Sri Gemilang KPPBC Tipe Madya Pabean C  Tembilahan dan diawali dengan menyanyikan lagu Mars Bea dan Cukai kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kepala Kantor, Gunawan Tri Wibowo.

Acara ini dilaksanakan dalam rangka sosialisai Sistem Otomasi Office Administration Nasional (Sistem OA – Nas) kepada seluruh  Kantor  Bea dan  Cukai yang  berada di seluruh Wilayah Indonesia. Hal ini menjadi  sangat penting  untuk mewujudkan  modernisasi dalam sistem aplikasi  pabean di lingkungan Direktorat  Jenderal Bea dan  Cukai  (DJBC). Sistem OA – Nas ini akan diterapkan secara serentak pada bulan Oktober ini.

    

Terobosan yang dilakukan oleh Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai bertujuan untuk mengubah paradigma bekerja. Semua proses administrasi dikerjakan menggunakan komputer/tablet/smartphone. Untuk itu pegawai harus aktif memproses dokumen dan pegawai juga harus percaya terhadap sistem komputer. Sistem OA  menghilangkan pencatatan manual dengan  menggunakan buku bambu atau buku ekspedisi. Pencatatan itu sendiri akan dilakukan dengan query data dari sistem OA saja. Sehingga dengan menggunakan sistem ini, diharapkan untuk dapat mengurangi pemakaian kertas atau ATK lainnya.

Selain itu, sistem aplikasi ini terintegrasi langsung dengan CEISA Kantor Pusat DJBC. Sistem OA siap berkomunikasi dengan sistem lain seperti penomoran agenda, sharing arsip, dan lainnya. Sampai dengan saat ini, pertukaran data baru dengan internal DJBC saja. Untuk kedepannya, sistem ini diharapkan dapat melakukan pertukaran data dengan instansi di luar DJBC.

    

SOSIALISASI SAIBA

Agt
26
SOSIALISASI SAIBA

 

Pada Senin s.d. Kamis tanggal 18 s.d. 21 Agustus 2014 bertempat di Aula Sri Gemilang KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan menjadi tempat penyelenggaraan WORKSHOP IMPLEMENTASI AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL DAN SISTEM AKUNTANSI INSTANSI BERBASIS AKRUAL (SAIBA), acara ini diselenggarakan berkat kerja sama antara BDK Pekanbaru, KPPN Rengat dan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara ini dilaksanakan dalam rangka sosialisasi aplikasi Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) kepada seluruh satuan kerja (satker) yang berada di wilayah Kabupaten Indragiri hilir. Hal ini menjadi sangat penting mengingat adanya kewajiban penerapan akuntansi berbasis akrual pada instansi pemerintahan pada tahun 2015 mendatang, sehingga diharapkan pada tahun 2015 mendatang seluruh satker yang berada di wilayah Indragiri Hilir sudah siap dengan penerapan sistem akuntasi yang baru ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara dimulai dengan sambutan oleh Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan,Gunawan Tri Wibowo, kemudian dilanjutkan dengan laporan penyelenggaraan oleh perwakilan BDK Pekanbaru, Tanci Siamni, dan terakhir dibuka secara resmi oleh Kepala KPPN Rengat, Untung Subarkah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selama 4 hari peserta mendapatkan materi tentang dasar-dasar akuntasi berbasis akrual dan ujicoba pengisian aplikasi SAIBA secara langsung, materi ini diajarkan oleh para pengajar Widyaiswara dari BDK Pekanbaru dan pejabat struktural dari KPPN Rengat.

Pada hari terakhir kegiatan, acara ditutup secara resmi oleh perwakilan Kepala KPPN Rengat, Sainan, dan dilanjutkan dengan pemberian cendramata dari Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan kepada Perwakilan BDK Pekanbaru, dalam sambutan penutup Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengharapkan untuk tetap menjaga hubungan dan kerja sama yang baik antara instansi-instansi yang berada di bawah Kementerian Keuangan sesuai dengan nilai-nilai yang selama ini kita terapkan. (Seksi KIP)

AUDIT SURVEILENCE II DAN AUDIT ASSESMENT PERLUASAN RUANG LINGKUP

Agt
18
AUDIT SURVEILENCE II DAN AUDIT  ASSESMENT PERLUASAN RUANG LINGKUP

Pada 12 s.d. 14 Agustus 2014, ICSM INDONESIA sebagai lembaga sertifikasi ISO 9001:2008 untuk KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan melakukan Audit Surveilence II dan Audit Assesment Perluasan Ruang Lingkup Seluruh Layanan Bea Cukai Tembilahan.

Audit ini dilakukan dalam rangka memenuhi kewajiban pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, sekaligus dalam rangka audit perluasan ruang lingkup seluruh layanan sesuai dengan hasil Rapat Tinjauan Management yang telah dilakukan pada bulan Juli tahun 2013, dimana sebelumnya hanya 2 layanan atau 2 SOP menjadi 203 layanan atau 203 SOP, 203 SOP ini terdiri dari 90 SOP layanan dan 113 SOP Non layanan.

 

Audit Surveilence II dan Audit Assesment Perluasan Ruang Lingkup Seluruh Layanan dipimpin langsung oleh Tim ICSM Indondesia terdiri dari dua orang yaitu Eko Setiawan dan Rina Yuliani Fadila. Acara dimulai dengan Opening Meeting pada pukul 09.00 yang dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural dan Pelaksana yang ada di KPPBC, dalam Opening Meeting tersebut dijelaskan maksud dan tujuan pelaksanaan Audit Surveilace dan Audit Assesment yang akan dilakukan dan terkait dengan perluasan ruang lingkup pelayanan maka audit akan dilakukan sama seperti proses penerbitan Setifikasi ISO 9001:2008 yaitu akan dilakukan uji sampling Prosedur Mutu atau SOP dan Rekaman Mutu terhadap 50 % SOP yang ada di masing-masing Seksi yang ada di KPPBC.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Audit pertama dimulai dari Manajemen Puncak atau Kepala Kantor terkait dengan Klausul 5 yaitu Komitmen Manajemen, selanjutnya dilanjutkan ke Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis dan terakhir ke Seksi Perbendaharaan dalam rangka pemenuhan Klausul 7 yaitu Realisasi Layanan. Pada hari Rabu 13 Agustus 2014 Audit dilanjutkan ke Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan dalam rangka pemenuhan Klausul 6, 7 dan 8 yaitu Pengelolaan Sumber Daya, Realisasi Layanan dan Pengukuran, Analisis dan Perbaikan, kemudian dilanjutkan ke Seksi Penindakan dan Penyidikan dalam rangka pemenuhan klausul 7 yaitu Realisasi Layanan dan dilanjutkan ke Subbagian Umum dalam rangka pemenuhan klausul 6 yaitu Pengelolaan Sumber Daya dan terakhir, audit dilakukan pada Management Representatif (MR) dan Document Control (DC) dalam rangka pemenuhan klausul 4 dan 8 yaitu Sistem Manajemen Mutu 9001:2008 dan Pengukuran, Analisis dan Perbaikan.


Selanjutkan audit dilanjutkan pada hari Kamis 14 Agustus 2014 dengan acara Closing Meeting, yang dihadiri juga oleh seluruh Pejabat Struktural dan Pelaksana KPPBC, pada pertemuan tersebut dipaparkan temuan oleh Tim Audit Eksternal dan diadakan pembahasan dengan Tim ISO KPPBC, dari hasil pembahasan tersebut disimpulkan bahwa KPPBC Tipe Madya Pabean C direkomendasikan untuk mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2008 terhadap seluruh layanan yang telah di SOP-kan dengan temuan 3 minor dan 3 rekomendasi yang harus segera ditindaklanjuti. (Seksi KIP)