Melayani dengan cepat dan ikhlas Mengawasi dengan kesungguhan Membina SDM secara profesional

SELAMAT DATANG
di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan

Berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Bumi Sri Gemilang, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan merupakan instansi vertikal di bawah Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat. Kantor ini merupakan kantor transformasi dari KPBC Tipe A3 Tembilahan, dengan kegiatan utama memberikan pelayanan ekspor dan impor umum serta kawasan berikat. Komoditi kepabeanan yang utama, berasal dari hasil perkebunan berupa kelapa dan kelapa sawit. Didukung oleh sumber daya dan teknologi yang ada, kami siap melaksanakan dan mensukseskan visi dan misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. DUKUNG KAMI UNTUK LEBIH BAIK!

Polling Pendapat
Kejujuran pendapat Anda tentang pelayanan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan




Peraturan Baru
Layanan Masyarakat
PENGADUAN bctembilahan@customs.go.id SMS : 081275377466; Telp (0768)325745
Petugas 1 Petugas 2

Form Pengaduan


*Demi kepentingan bersama, IP Address Anda berikut ini 23.20.43.165 akan kami simpan.
Statistik Pengunjung
Minggu ini : 2009
Bulan ini : 6816
Tahun ini : 69506
Online : 4
Anda pengunjung ke :
00203363

Berita & Agenda

PERPISAHAN KA KANTOR

Jul
03
PERPISAHAN KA KANTOR

Selasa, 24 Juni 2014 KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengadakan acara Tarhib Ramadhan yang disampaikan oleh Ustad Muhammad Budiansyah, acara ini dihadiri oleh seluruh pegawai dan unsur pendukung kantor. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan mengenai syarat dan rukun puasa sekaligus tentang amalan-amalan utama selama bulan Ramadhan dan juga mengingatkan kita untuk saling memaafkan dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan yang penuh berkah. Kemudian pada pukul 19.30 WIB bertempat di Aula Sri Gemilang KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan kegiatan dilanjutkan dengan acara perpisahan secara sederhana Kepala Kantor, Bapak Zaky Firmansyah yang telah mengabdikan dirinya selama kurang lebih 3,5 tahun sejak tahun 2011 di Bea Cukai Tembilahan dan pada akhirnya memperoleh surat keputusan pindah/mutasi untuk melanjutkan tugas di Kantor Wilayah DJBC Aceh sebagai Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai.

Acara diawali dengan makan malam bersama seluruh pegawai dan unsur pendukung kantor KPPBC TMP C Tembilahan yang dilanjutkan dengan pemutaran video testimoni dan ucapan terimakasih dari pegawai dan unsur pendukung kantor. Kemudian pembawa acara memberikan kesempatan kepada beberapa orang perwakilan pegawai dan unsur pendukung kantor untuk menyampaikan kesan dan pesan selama masa kepemimpinannya di KPPBC TMP C Tembilahan. Pada kesempatan ini, para pegawai dan unsur pendukung kantor menyampaikan rasa terimakasih, kesan dan pesan kepada beliau selama menjadi Kepala Kantor KPPBC TMP C Tembilahan. Sejak pertama kali beliau datang, hingga pada saat dilaksanakannya acara perpisahan, sudah banyak sekali perubahan-perubahan positif yang terjadi pada KPPBC TMP C Tembilahan.

Setelah pegawai dan unsur pendukung kantor menyampaikan kesan dan pesan, acara dilanjutkan dengan pemutaran video tentang pencapaian-pencapaian atau perubahan-perubahan yang telah dilakukan beliau selama menjabat sebagai Kepala Kantor KPPBC TMP C Tembilahan. Setelah pemutaran video selesai, acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan oleh Kepala Kantor, Zaky Firmansyah. Dalam kesan dan pesan yang disampaikan kepada pegawai dan unsur pendukung kantor, Kepala Kantor, Zaky Firmansyah mengatakan bahwa KPPBC TMP C Tembilahan merupakan tempat bertugas yang paling berkesan selama mengabdi pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, banyak cerita suka maupaun duka yang terjadi selama menjabat sebagai kepala kantor. Selain itu, beliau juga menyampaikan apresiasi yang besar kepada seluruh pegawai dan unsur pendukung kantor yang selama ini telah dapat bekerja sama dan bahu membahu dalam menjalankan tugas kantor dalam rangka pengawasan dan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu beliau juga menghimbau agar seluruh pegawai dan unsur pendukung kantor tetap semangat dalam bekerja dan mempertahankan prestasi-prestasi yang telah dicapai selama ini. Setelah penyampaian kesan dan pesan selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan oleh para Pejabat Esselon IV pada KPPBC TMP C Tembilahan, kemudian ditutup dengan acara foto bersama.

“Ketika tiba saat perpisahan janganlah kalian berduka, sebab apa yang paling kalian kasihi darinya mungkin akan nampak lebih nyata dari kejauhan – seperti gunung yang nampak lebih agung terlihat dari padang dan dataran.”

Selamat melanjutkan tugas kedinasan di tempat yang baru kepada Bapak Zaky Firmansyah, semoga sukses selalu.

TARHIB RAMADHAN 1435H

Jul
02
TARHIB RAMADHAN 1435H

Menyambut bulan Ramadhan yang mulia, Selasa 24 Juni 2014  KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengadakan Tarhib Ramadhan 1435 H, kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala Kantor Bapak Zaky Firmansyah, dalam sambutannya beliau mengingatkan kita untuk menghidupkan bulan yang suci ini dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti program khatam quran yang akan dilaksanakan oleh seluruh pegawai dan unsur pendukung kantor, sekaligus dalam rangka menggairahkan kegiatan di Musholah At Taqwa KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan yang telah selesai direnovasi.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Muhammad Budiansyah, dalam ceramahnya beliau mengingatkan kita tentang hikmah Puasa antara lain menahan hawa nafsu, mengurangi syahwat, memberikan pelajaran bagi orang kaya untuk merasakan lapar sehingga menumbuhkan rasa kasih sayang kepada fakir miskin dan menjaga dari maksiat. Selain itu, Ustad Muhammad Budiansyah juga menayampaikan tentang syarat sahnya puasa, rukun puasa dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa sehingga diharapkan dengan disampaikannya materi ini dapat membatu para pegawai dan unsur pendukung kantor untuk merefresh lagi ilmu tentang berpuasa. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan doa bersama agar kita semua diberikan kemudahan dalam menjalankan puasa sebulan penuh, diberikan keberkahan dalam mencari rezeki, diberikan keselamatan dunia dan akhirat dan juga agar mendapatkan ridho Alloh SWT.

Sebelum ditutup, Ustad Muhammad Budiansyah mengajak kita semua untuk saling memaafkan dengan bersalam-salaman semoga dengan kegiatan maaf memaafkan ini dapat membersihkan hati kita dari penyakit hati, pada saat kita menjalankan ibadah puasa selama sebulan nanti, amin...

PEMUSNAHAN HANDPHONE, PAKAIAN BEKAS DAN ROKOK

Jul
01
PEMUSNAHAN HANDPHONE, PAKAIAN BEKAS DAN ROKOK

Pada hari Selasa, 24 Juni 2014 bertempat di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sungai Beringin, Tembilahan-Riau, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan telah melaksanakan acara Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara hasil dari penindakan. Acara ini dihadiri oleh Pejabat dari Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat, Pejabat dari Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau, Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hilir, unsur Muspida Kabupaten Indragiri Hilir, serta instansi vertikal yang berada di Kabupaten Indragiri Hilir. Selain itu dihadiri juga oleh para Wartawan Media Massa, serta para pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, Zaky Firmansyah dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan Pemusnahan Barang Yang Menjadi Milik Negara ini merupakan salah satu kontribusi KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan sebagai unit pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dalam menjaga keamanan dan ketertiban terhadap pemasukan dan pengeluaran barang ilegal dari Luar Daerah Pabean (luar negeri) maupun Kawasan Bebas, khususnya Batam.  Bea dan Cukai Tembilahan akan melakukan penindakan terhadap pemasukan dan pengeluaran barang yang tidak memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku yang dapat berdampak pada terganggunya stabilitas ekonomi, pasar dan perlindungan masyarakat. Hal ini sejalan dengan fungsi DJBC sebagai community protector dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Zaky Firmansyah juga mengatakan bahwa  selama periode Januari 2014 sampai dengan April 2014, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan telah melaksanakan 15 kali penindakan terhadap barang impor dan barang dari kawasan bebas, serta Barang Kena Cukai yang tidak memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Barang impor hasil penindakan di bidang kepabeanan yang berhasil dilakukan penegahan, terdiri dari Makanan dan Minuman, Mainan anak-anak, Pakaian Bekas, Alas Kaki dan Produk Tekstil, serta barang elektronik berupa Telepon Genggam, dengan total nilai barang sekitar 3,2 Milyar Rupiah dan potensi kerugian negara secara material ditaksir 2,8 Milyar, serta kerugian immaterial terganggunya stabilitas pasar dalam negeri dan berdampak merugikan konsumen. Selanjutnya dikatakan juga bahwa khusus untuk telepon genggam yang akan dimusnahkan ini adalah produk replika atau diduga dipalsukan dari merk aslinya berdasarkan hasil identifikasi IMEI dari telepon genggam tersebut. Sedangkan barang hasil penindakan yang merupakan pelanggaran di bidang cukai yakni Minuman Mengandung Etil Alkohol Impor berupa bir berbagai merk, Barang Kena Cukai Hasil Tembakau yang tidak dilekati pita cukai, atau menggunakan pita cukai yang tidak semestinya (baik rokok yang berasal dari kawasan bebas batam maupun rokok asal pulau jawa yang tidak sesuai peruntukannya).

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menimbulkan efek jera kepada pelaku pelanggaran Undang-undang Kepabeanan dan Cukai, serta dapat meningkatkan sinergi antar instansi pemerintah dalam mengamankan hak-hak penerimaan negara maupun dalam melindungi negara dari masuknya barang-barang berbahaya asal luar negeri. Semoga ke depannya Bea dan Cukai Tembilahan dapat memberikan prestasi yang lebih baik, khususnya di bidang pengawasan.

STUDI BANDING DISDUKCAPIL

Mei
09
STUDI BANDING DISDUKCAPIL

Pada Rabu, 7 Mei 2014 KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mendapat kunjungan dari rombongan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Adapun maksud kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Bastian Yunus selaku Sekretaris Disdukcapil adalah untuk melakukan studi banding mengenai arsip dengan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Bertempat di Media Center Kemuning, acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Kantor KPPBC TMP C Tembilahan, Zaky Firmansyah. Pada saat menyampaikan kata sambutan beliau menyampaikan bahwa KPPBC TMP C Tembilahan menyambut baik dan sangat senang atas kedatangan rombongan Disdukcapil untuk studi banding mengenai arsip. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan presentasi yang dibawakan oleh Pelaksana pada KPPBC Tembilahan, Ivan David. Pada presentasi ini, Ivan David menjelaskan tentang teknik – tenik pengelolaan arsip dan inovasi - inovasi dibidang kearsipan pada KPPBC Tembilahan. Selanjutnya, dibuka acara diskusi yang dipandu oleh Kasi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Agustinus Rahmad Subagyo. Pada sesi diskusi rombongan disdukcapil tampak sangat antusias lewat pertanyaan – pertanyaan yang diajukan mengenai presentasi arsip tersebut.

Setelah selesai dengan presentasi dan diskusi, rombongan disdukcapil melakukan tur keliling kantor Bea Cukai Tembilahan  untuk melihat langsung praktek pengelolaan arsip pada KPPBC Tembilahan didampingi langsung oleh Kepala Kantor, Zaky Firmansyah, Kasi Kepatuhan Internal, Agustinus Rahmad Subagyo, dan Pelaksana, Ivan David. Tur dimulai dari ruangan Seksi Perbendaharaan dan Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis untuk melihat pengelolaan arsip dan tempat penyimpanan arsip pada seksi tersebut. Setelah itu, dilanjutkan dengan tur ke Gedung Arsip KPPBC Tembilahan. Pada kesempatan ini, Pelaksana bea cukai Tembilahan, Ivan David mempraktekkan pengelolaan arsip dengan menggunakan Sistem Aplikasi Kearsipan BIAWAK yang dikembangkan sendiri oleh KPPBC Tembilahan. Seperti yang sudah dijelaskan pada presentasi, BIAWAK ini sendiri merupakan salah satu inovasi dibidang kearsipan pada KPPBC Tembilahan yang diangkat dari unsur muatan lokal dan merupakan singkatan dari Budaya Ingat Arsip Wujud Akuntabilitas Kantor. Pada saat melakukan praktek pengelolaan arsip dengan Sistem Aplikasi Kearsipan BIAWAK tersebut, rombongan disdukcapil menyampaikan rasa kagum terhadap pengelolaan arsip pada KPPBC Tembilahan, dimana dengan menggunakan aplikasi tersebut dokumen yang disimpan di Gudang Arsip yang berisi ribuan dokumen bisa ditemukan dalam hitungan menit.

Setelah selesai dengan praktek pengelolaan arsip dengan BIAWAK, rombongan disdukcapil berpamitan dan menyampaikan terimakasih atas sambutan dan bantuan yang diberikan KPPBC Tembilahan dalam kesempatan studi banding arsip tersebut. Kemudian acara ditutup dengan foto bersama.

CVC IT INVENTORY

Mei
01
CVC  IT INVENTORY

Dimulai pada hari Selasa tanggal 22 April 2014, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengadakan kegiatan Roadshow Customs Visit Customers Sosialisasi Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-35/BC/2013 tentang Perubahan Ketiga atas PER-57/BC/2011 Tentang Kawasan Berikat, sekaligus Asistensi penerapan IT Inventory pada Perusahaan yang menerima fasilitas Kawasan Berikat (KB) di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan yaitu PT. Inhil Sarimas Kelapa (ISK), PT. Pulau Sambu Kuala Enok (PSKE), PT. Pulau Sambu Guntung (PSG) dan PT. Riau Sakti United Plantation (RSUP).

Kegiatan ini dimulai dengan mengudang staff IT dan Exim pada masing-masing perusahaan ke Kantor Bea dan Cukai Tembilahan guna menggambarkan dan mereview sudah sejauh mana rencana penerapan IT Inventory pada sistem perusahaan masing-masing yang telah disesuaikan dengan semangat PER 35/BC/2013, diantaranya:

  • Pencatatan kegiatan KB dilakukan secara kontinu dan realtime di KB yang bersangkutan;
  • Mencatat riwayat perekaman dan penelusuran kegiatan pengguna (user);
  • Dapat diakses secara langsung dari KPPBC Pengawas dan memberikan data secara realtime;
  • Pencatatan hanya dapat dilakukan oleh orang (user) yang memiliki akses khusus (authorized access);
  • Perubahan pencatatan hanya dapat dilakukan oleh orang yang sesuai kewenangannya;
  • Dapat menggambarkan keterkaitan dengan dokumen kepabeanan  (jenis, nomor, dan tanggal dokumen).

Dengan adanya kewajiban perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat (KB) untuk menerapkan IT Inventory ini, maka mendorong perusahaan untuk merubah dan memperbaiki Sistem Pengendalian Internal (SPI) mereka guna mengawasi dan mengontrol setiap pergerakan barang yang masuk atau keluar dari Kawasan Berikat dan juga memastikan berjalannya sistem check and balanace antara setiap bagian/unit berjalan dengan baik.

Untuk membantu dan memastikan berjalannya hal tersebut Tim KPPBC yang terdiri dari Kepala Kantor Zaky Firmansyah, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis (PKCDT) Momon Rusmono dan Staff PKCDT Dudi Lamarsa Sinaga mengadakan Customs Visit Customers dengan kegiatan Sosilaisasi PER 35/BC/2013 tentang Perubahan Ketiga atas PER-57/BC/2011 Tentang Kawasan Berikat yang dihadiri oleh Direksi, Manajer dan karyawan perusahaan sehingga diharapkan terjadi kesamaan pemahaman tentang pentingnya IT Inventory ini bagi KPPBC dan juga bagi perusahaan sendiri.

Selain melakukan Sosialisasi, Tim KPPBC juga melakukan asistensi langsung dengan mewawancari semua bagian/unit secara terpisah di lokasi bagian/unit masing-masing dan juga melakukan pengujian terhadap penerapan Sistem Pengendalian Internal (SPI) perusahaan, sehingga dapat menggambarkan keterkaitan bagian tersebut dalam penerapan sistem IT Inventory sebagai mana yang telah diamanatkan pada PER 35/BC/2013.

Setelah dilakukannya asistensi tersebut, Tim KPPBC merasa yakin bahwa perusahaan-perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mampu untuk menerapkan sistem IT Inventory ini sampai dengan batas waktu hingga 1 Oktober 2014, hal ini didukung oleh kesiapan dan semangat perusahaan untuk menerapkan sistem berbasis komputer pada sistem inventory perusahaan, meskipun sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan, namun dengan melihat kesiapan dokumentasi, segregasi (pemisahaan) kewenangan, SDM perusahaan, going concern (keberlanjutan) perusahaan dan dukungan yang kuat dari Top Manajemen, Tim KPPBC berpendapat penerapan IT Inventory dapat diterapkan sebelum 1 Oktober 2014.

Selain berkonsentrasi pada IT Inventory, Tim KPPBC juga memantau kesiapan perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat untuk memasang kamera CCTV pada pintu masuk dan keluar Kawasan Berikat dan juga di gudang inventory perusahaan yang dapat ditayangkan secara langsung (real time) di KPPBC yang berada di Tembilahan dan memiliki kemampuan merekam minimal 7 hari sebelumnya. Hal ini menjadi penting mengingat jarak yang cukup jauh antara perusahaan dan KPPBC sehingga dengan adanya fasilitas ini dapat memudahkan pengawasan dam monitoring perusahaan KB di lingkungan KPPBC.

Dengan semangat yang di bawa oleh PER 35/BC/2013 ini, maka diharapkan akan menjadi momentum bagi KPPBC dan perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat untuk berubah ke arah yang lebih baik dengan dimulainya pemanfaatan tekhnologi berbasis komputer dalam sistem perusahaan dan pemanfaatan internet sebagai media penghubung dalam pelayanan dan pengawasan, sehingga terjadi keselarasan yang dapat mengurangi kendala-kendala yang terjadi di lapangan. (Seksi KIP)