Melayani dengan cepat dan ikhlas Mengawasi dengan kesungguhan Membina SDM secara profesional

SELAMAT DATANG
di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan

Berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Bumi Sri Gemilang, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan merupakan instansi vertikal di bawah Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat. Kantor ini merupakan kantor transformasi dari KPBC Tipe A3 Tembilahan, dengan kegiatan utama memberikan pelayanan ekspor dan impor umum serta kawasan berikat. Komoditi kepabeanan yang utama, berasal dari hasil perkebunan berupa kelapa dan kelapa sawit. Didukung oleh sumber daya dan teknologi yang ada, kami siap melaksanakan dan mensukseskan visi dan misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. DUKUNG KAMI UNTUK LEBIH BAIK!

Polling Pendapat
Kejujuran pendapat Anda tentang pelayanan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan




Peraturan Baru
Layanan Masyarakat
PENGADUAN bctembilahan@customs.go.id SMS : 081275377466; Telp (0768)325745
Petugas 1 Petugas 2

Form Pengaduan


*Demi kepentingan bersama, IP Address Anda berikut ini 54.87.243.161 akan kami simpan.
Statistik Pengunjung
Minggu ini : 265
Bulan ini : 8343
Tahun ini : 68732
Online : 5
Anda pengunjung ke :
00301232

Berita & Agenda

Customs Goes to School

Apr
30
Customs Goes to School

Pada Rabu, 29 April 2015 KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengunjungi SMA Negeri 2 Tembilahan dalam acara “Customs goes to School”. Acara ini dilaksanakan di Aula SMAN 2 Tembilahan dalam rangka untuk mengenalkan visi, misi, tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sekaligus menginformasikan tentang sekolah kedinasan yang berada dibawah kementerian keuangan atau yang dikenal dengan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) kepada masyarakat umum khususnya kepada para pelajar sekolah menengah atas di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.

  

Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Tembilahan, Victoria S.pd, M.M dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan mengenai visi, misi, tugas dan fungsi DJBC.

Selain pemaparan visi, misi, tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, pada acara ini juga dilakukan sosialisasi mengenai Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang disampaikan oleh salah seorang alumni STAN yang bekerja di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Hal ini bertujuan untuk mengajak para pelajar sekolah menengah atas agar ikut bergabung menjadi anggota atau pegawai Bea dan Cukai dengan melanjutkan pendidikan ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

  

Disela-sela acara disisipkan acara hiburan, hal ini bermaksud agar para peserta sosialisasi tidak merasa bosan dan jenuh. Hal ini terbukti efektif diberikan kepada peserta sosialisasi atau lebih tepatnya para siswa dan siswi SMAN 2 Tembilahan, dengan dilanjutkannya acara berikutnya terlihat para peserta lebih semangat dan antusias dalam menerima materi.

Tak lupa pula dipenghujung acara, disiapkan sesi untuk tanyajawab. Para siswa dan siswi SMAN 2 Tembilahan terlihat sangat antusias terhadap materi yang diberikan oleh pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Hal ini dibuktikan dengan rentetan pertanyaan yang di lontarkan oleh para siswa dan siswi ini. Tampak dari pertanyaan pertanyaan yang keluar dari siswa siswi memperlihatkan bahwa mereka sangat ingin mengetahui dan mengenal lebih baik mengenai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

  

Acara “Customs goes to School” diakhiri dengan menyanyikan lagu padamu negeri dan pengisian kuisioner yang telah disediakan sejak awal acara oleh panitia sosialisasi.         

Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan nantinya putra-putri dari SMAN 2 Tembilahan lebih mengenal dan mengetahui visi, misi, tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta kelak dikemudian hari dapat menjadi bagian dari keluarga besar Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

 

 

Bina Jasmani Bea Cukai Tembilahan

Apr
25
Bina Jasmani Bea Cukai Tembilahan

Jum’at, 24 April 1994 KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengadakan olahraga bersama dalam rangka meningkatkan kebersamaan di antara pegawai dan karyawan. Olahraga tersebut di awali dengan pemanasan badan dan dilanjutkan dengan lari santai mengelilingi kota Tembilahan. 

Selagi para pegawai dan asisten melakukan olahraga, para asisten yang perempuan menyiapkan makanan dan minuman yang nanti nya akan disantap bersama setelah melaksanakan olahraga bersama. Rute lari santai dimulai dari kantor lurus menuju Polres Indragiri Hilir lanjut de jalan M.Boya dan berbelok ke jalan Diponegoro hingga sampai dijalan Swarnabumi, setelah diujung jalan Swarnabumi rombongan mengambil jalan berputar sehingga kembali ke jalan Diponegoro dan lanjut ke jalan M.Boya hingga akhirnya tiba dikantor kembali, akan tetapi ada yang menarik sesaat sebelum tiba di kantor, para pegawai dan asisten membuka barisan dan pada hitungan ketiga melesatlah mereka berlari sekencang-kencangnya baik itu anak muda maupun bapak-bapak. 

Keringat yang telah mengucur tidak membuat semangat rombongan surut untuk melakukan rangkaian kegiatan olahraga selanjutnya. Olahraga selanjutnya adalah olahraga bebas, seperti badminton dan tenis meja.

 

Setelah lelah berolahraga maka kegiatan selanjutnya adalah makan bersama dengan menu soto makassar. Tampak dari diadakannya olahraga bersama ini, kebersamaan antara para pegawai dan asisten lebih terasa kental.

PERPANJANGAN IZIN KB PT ISK

Apr
21
PERPANJANGAN IZIN KB PT ISK

Pada hari ini Selasa tanggal empat belas bulan April tahun dua ribu lima belas bertempat di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tembilahan, dalam rangka menindaklanjuti permohonan perpanjangan Izin Kawasan Berikat PT Inhil Sarimas Kelapa (PT ISK) sesuai surat nomor 024/ISK-PB/III/2015 tanggal 27 Maret 2015 hal Permohonan Perpanjangan Izin Kawasan Berikat, maka berdasarkan Pasal 16 ayat (3a) Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor 57/BC/2014 tentang Kawasan Berikat sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor 35/BC/2013, para pejabat di kawan berikat khususnya PT ISK melaksanakan pemaparan profil kegiatan produksi, IT inventory dan Sistem Pengendalian Internal (SPI).

Adapun nama-nama yang melaksanakan pemaparan yaitu Hizkia Cavendi selaku Direktur PT Inhil Sarimas Kelapa, Setiawan Heru Cahyono selaku Assistant General Manager, Pardo frans selaku Kepala Bagian IT dan disaksikan oleh pejabat dari KPPBC TMP C Tembilahan

Dalam pemaparan profil dijelaskan bahwa PT ISK merupakan perusahaan Kawasan Berikat yang berorientasi ekspor untuk produk-produk olahan kelapa bulat seperti minyak kepala, santan dan air kelapa, serta produk lainnya yang di peroleh dari pengolahan seluruh bagian kelapa bulat baik dari sabutnya dan cangkangnya, selanjutnya dalam pemaparan IT Inventory juga dijelaskan dan diujikan secara langsung perkembangan IT Inventory yang dimiliki oleh PT ISK sehingga KPPBC TMP C Tembilahan dapat mengakses data kepabeanan dan CCTV yang dimiliki oleh PT ISK secara on line dan real time. Dan yang terakhir terkait dengan Sistem Pengedalian Intern perusahaan juga diujikan dengan adanya flowchat pembagian tugas dan pembagian kewenangan sehingga dapat dipastikan bahwa seluruh kebijakan dan keputusan yang diambil oleh PT. ISK telah melewati proses cek and balance yang artinya antara pihak yang mengambil keputusan dan yang mengawasi keputusan tersebut adalah berbeda bagian.

 

Selanjutnya setelah semua proses pemaparan selesai, Kepala KPPBC TMP C Tembilahan Bapak Gunawan Tri Wibowo memberikan arahan kepada semua pihak khususnya PT ISK yang akan melakukan permohonan perpanjangan izin Kawasan Berikat agar dapat mempertahankan hasil yang sudah dicapai bahkan dapat meningkatkan lagi baik dari segi SDM dan Tekhnologi agar perusahaan dapat lebih efisien dalam melakukan produksi dan dapat meningkatkan penjualan baik yang berorientasi Ekspor dan berorientasi dalam negeri agar dapat memberikan dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat dan negara yang kita cintai ini.

Bravo BC Tembilahan (Seksi KIP)

Hari Kartini

Apr
21
Hari Kartini

Setiap tanggal 21 April kita Bangsa Indonesia Khususnya wanita selalu merayakan Hari Kartini, dari tahun ke tahun yang kita ingat setiap hari Kartini pada umumnya di kantor instansi – instansi di negeri ini memperingati dengan cara memakai  pakaian nasional bagi pegawai perempuan dan melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan wanita sehari-hari. Hari Kartini  ada sebagai penghormatan atas wujud perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, emansipasi wanita. Kartini ada sebagai pahlawan, bukan dengan tindakan kekerasan, tapi tetap radikal, demi memperjuangkan kebenaran yang dipercayainya.

Beberapa dekade setelah beliau meninggal, pergerakan wanita semakin terasa dan membawa dampak luar biasa. Saat ini, melihat kaum perempuan berada di posisi kepemimpinan bukanlah hal yang begitu tabu lagi, meskipun adat ketimuran yang bangsa ini punya juga tidak sepenuhnya punah, terutama budaya patriarki.

Pada Hari Kartini Tahun 2015 ini Kantor Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tembilahan ikut merayakan hari Kartini dengan menempatkan semua Srikandi-srikandi-nya di frontdesk untuk melakukan semua kegiatan pelayanan Kantor, adapun itu pelayanan Pabean, Cukai dan pelayanan Administrasi lainnya.

Semoga dengan dilakukannya kegiatan ini makna hari Kartini tahun ini dan tahun mendatang bukan hanya sekedar memperingati dengan melakuan kegiatan – kegiatan tapi muncul Kartini-Kartini baru yang melegenda seperti Ibu Kartini.

P2KP PMK No.23/PMK.04/2015 TENTANG KAWASAN PABEAN DAN TEMPAT PENIMBUNAN SEMENTARA DAN CALL CENTER BRAVO BEA CUKAI

Apr
02
P2KP PMK No.23/PMK.04/2015 TENTANG KAWASAN PABEAN DAN TEMPAT PENIMBUNAN SEMENTARA DAN CALL CENTER BRAVO BEA CUKAI

Pada hari Rabu tanggal 1 April 2015, dilaksanakan P2KP  di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan dengan tema Sosialisasi PMK No.23/PMK.04/2015 tentang Kawasan Pabean dan Tempat Penimbunan Sementara dan Sosialisasi Call Center Bravo Bea Cukai.  Acara digelar di Aula Sri Gemilang KPPBC Tembilahan ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala Kantor, Gunawan Tri Wibowo. Dalam sambutannya, Kepala Kantor menegaskan pentingnya memahami peraturan terbaru mengenai Kawasan Pabean dan Tempat Penimbunan Sementara, guna meningkatkan upaya dalam pelayanan kepada pengguna jasa dan pengguna jasa sendiri lebih mengetahui peraturan yang berlaku. Tak luput pula untuk kemajuan Bea Cukai ke arah yang lebih baik lagi maka dilakukan sosialisasi mengenai Call Center Bravo Bea Cukai yang kelak menjadi wadah menampung segala aspirasi masyarakat mengenai Bea Cukai. Materi dibawakan oleh Momon Rusmono selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis.

    

            Dalam pemaparannya, peraturan terbaru ini didefinisikan secara terperinci sehingga pengguna jasa yang hadir mudah memahami peraturan tersebut, pengguna jasa yang hadir nampak antusias mendengarkan penjelasan mengenai Kawasan Pabean dan Tempat Penimbunan Sementara tersebut, hal ini terlihat dari beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh pengguna jasa. Setelah materi mengenai Kawasan Pabean dan Tempat Penimbunan Sementara ini selesai, acara dilanjutkan dengan coffe break lalu diteruskan dengan Sesi Kedua Mengenai Sosialisasi Call Center Bravo Bea Cukai yang akan disampaikan oleh  Tri Koustanto selaku Kepala Subseksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas, sosialisasi berjalan menarik dari awal materi disampaikan, tak lupa juga ditampilkan video mengenai call Center Bravo Bea Cukai. Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan penutup oleh pembawa acara.