Melayani dengan cepat dan ikhlas Mengawasi dengan kesungguhan Membina SDM secara profesional

SELAMAT DATANG
di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan

Berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Bumi Sri Gemilang, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan merupakan instansi vertikal di bawah Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat. Kantor ini merupakan kantor transformasi dari KPBC Tipe A3 Tembilahan, dengan kegiatan utama memberikan pelayanan ekspor dan impor umum serta kawasan berikat. Komoditi kepabeanan yang utama, berasal dari hasil perkebunan berupa kelapa dan kelapa sawit. Didukung oleh sumber daya dan teknologi yang ada, kami siap melaksanakan dan mensukseskan visi dan misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. DUKUNG KAMI UNTUK LEBIH BAIK!

Polling Pendapat
Kejujuran pendapat Anda tentang pelayanan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan




Peraturan Baru
Layanan Masyarakat
PENGADUAN bctembilahan@customs.go.id SMS : 081275377466; Telp (0768)325745
Petugas 1 Petugas 2

Form Pengaduan


*Demi kepentingan bersama, IP Address Anda berikut ini 54.227.5.234 akan kami simpan.
Statistik Pengunjung
Minggu ini : 1322
Bulan ini : 6779
Tahun ini : 29700
Online : 4
Anda pengunjung ke :
00163557

Berita & Agenda

BEBAS DARI HIV & AIDS

Feb
07
BEBAS DARI HIV & AIDS

AIDS merupakan salah satu penyakit paling mematikan  di dunia modern saat ini yang disebabkan oleh Human Immunodefeciency Virus (HIV). Hingga saat ini masih belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit AIDS. Akan tetapi walau belum ditemukan cara untuk meyembuhkannya kita masih bisa mencegah terjangkitnya virus dan tentunya mengurangi jumlah penderitanya agar tidak semakin meningkat. Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Tembilahan bekerja sama dengan LSM Bangun Desa Payung Negeri dan Puskesmas Kota Tembilahan mengadakan penyuluhan akan bahaya HIV/AIDS pada hari Juma’t, 7 Februari 2014.

Acara dilangsungkan di Aula Sri Gemilang Kantor Bea Cukai Tembilahan. Narasumber yang berasal dari Puskesmas kota Tembilahan dr. Eka Alpasra bergantian dengan perwakilan LSM memberikan materi tentang bahaya HIV/AIDS. Prinsip penularan HIV dikenal dengan ESSE yaitu Exit, Sufficient, Survive, Enter melalui prinsip ini HIV menular lewat pertukaran cairan tubuh seperti cairan sperma, cairan vagina, darah, dan asi. Pencegahan HIV dapat dilakukan dengan:

  • Abstinence
  • Be Faithful
  • Condom
  • No Drugs
  • Education

“Untuk mengetahui apakah di dalam tubuh kita terdapat HIV dapat dilakukan tes darah yang disertai konseling disebut juga Volunteering Counselling and Testing atau VCT” ucap dr. Eka. VCT dianggap penting karena dapat memberikan status lebih dini yang akan memudahkan perencanaan penanganan, dan juga bisa memutus mata rantai penularan HIV yang meluas. Salah satu tujuan dari penyuluhan bahaya HIV/AIDS ini juga agar meningkatkan kesadaran dan menghilangkan mitos-mitos terhadap HIV/AIDS serta menghilangkan sikap negatif, tindakan diskriminasi terhadap orang dengan HIV dan AIDS (ODHA). Setelah selesai diberikan penyuluhan, para pegawai dan unsur-unsur pendukung kantor karena didasari rasa penasaran bersemangat melakukan VCT. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh Bea Cukai Tembilahan bebas dari HIV dan AIDS.

Karena kita tahu, maka kita bisa mencegah dan memberi perubahan dari diri kita sendiri dengan menjauhi perilaku-perilaku yang beresiko seperti narkoba dan seks bebas.

Bravo Bea Cukai Tembilahan!

HPI 2014 BC TEMBILAHAN

Jan
30
HPI 2014 BC TEMBILAHAN

Tahun 2014 merupakan tahun yang ditetapkan oleh Organisasi Kepabeanan Dunia (World Customs Organization, -WCO) sebagai tahun “Komunikasi”. Tentunya pada bulan Januari ini seluruh komunitas bea cukai di dunia yang menjadi bagian dari WCO akan merayakan Hari Pabean Internasional (HPI) ke- 62 pada tanggal 26 Januari 2014. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai organisasi kepabeanan yang ada di Republik ini turut merayakan HPI ke- 62 begitu juga Bea Cukai Tembilahan diantara ratusan kantor Bea Cukai lainnya yang ada di Nusantara pada hari Senin tanggal 27 Januari 2014. Mengusung tema “Komunikasi” dengan slogan Communication: Sharing Information for Better Cooperation HPI tahun ini dirayakan dengan sederhana. Diawali dengan apel pagi seluruh pegawai dan unsur kantor bea cukai Tembilahan acara kemudian dilanjutkan di Aula Sri Gemilang.

Sebagai pembukaan Kepala Kantor bea cukai Tembilahan, Zaky Firmansyah membacakan pesan dari Sekjen WCO Kunio Mikuriya. Mengutip isi dari pesan tersebut  “Komunikasi adalah proses berbagi yang membina kerja sama, dan Bea Cukai ada di pusat dari jaringan hubungan, mengembangkan strategi komunikasi internal dan eksternal, mempromosikan transparansi, memfasilitasi dialog, membangun kepercayaan dan memastikan kesepahaman yang sama. Faktanya, komunikasi adalah proses dua arah dimana informasi dan pengetahuan yang dipertukarkan dan dibagi antara individu - bukan hanya tentang mengirim pesan atau memberi informasi, juga tentang menjelajahi, menemukan, meneliti dan menghasilkan pengetahuan.” Beliau juga menambahkan bahwa untuk memulai perubahan, komunikasi berperan sebagai wadah internal. Di Tahun Komunikasi ini mari kita buat perubahan melalui media komunikasi dan media lainnya untuk mewujudkan visi menjadi administrasi kepabeanan internasional yang hebat. Selamat Hari Kepabeanan Internasional !


Penandatanganan Kontrak Kinerja & P2KP Nilai-nilai Kementerian Keuangan


Dalam suasana perayaan Hari Pabean Internasional, juga dilakukan penandatanganan kontrak kinerja Kemenkeu-Four, Kemenkeu-Five, serta Pelaksana pada KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan dan Internalisasi Nilai-nilai Kementerian Keuangan. Penandatanganan dilakukan oleh para pejabat Eselon IV terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan penandatanganan kontrak oleh masing-masing seksi. Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE-37/MK.1/2013 tentang Pedoman Penyusunan Kontrak Kinerja Pegawai Tahun 2014 di Lingkungan Menteri Keuangan, kontrak kinerja untuk tahun 2014 juga menjadi dasar Penilaian Prestasi Kerja PNS yang dahulunya adalah DP-3.

Setelah penandatanganan kontrak selesai, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Agustinus Rahmad Subagyo mengambil alih acara selanjutnya yakni Internalisasi Nilai-nilai Kementerian Keuangan. Internalisasi ini dirasa sangat perlu untuk me-refresh kembali ingatan-ingatan kita tentang Nilai-nilai Kemenkeu yang merupakan pedoman setiap pegawai Kementerian Keuangan yang mungkin sudah agak lupa dan kurang dilaksanakan tahun lalu. Awal tahun merupakan awal yang sangat tepat untuk kembali mengingat nilai-nilai tersebut sehingga dengan diberikannya internalisasi ini kita dapat melakukan pekerjaan di 11 bulan yang akan datang dan memberikan perubahan untuk instansi dan Negeri ini. Selamat Bekerja, Sukses bersama anda semua!

SHARE BLOOD, SHARE LIFE

Jan
15
SHARE BLOOD, SHARE LIFE

Sebagai pembukaan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pabean Internasional ke-62 Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menyelenggarakan kegiatan donor darah sebagai dengan tema “Bea Cukai Peduli Donor Darah 1 Ton”. Kegiatan ini dilakukan secara serentak pada hari Rabu tanggal 15 Januari 2014 di seluruh Kantor Bea Cukai se- Indonesia.

Bertempat di Aula Sri Gemilang KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, ini merupakan  kedua kalinya Bea Cukai Tembilahan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia cabang Tembilahan melaksanakan kegiatan donor darah. Acara diawali dengan kata sambutan dari Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan, Zaky Firmansyah. Dalam kata sambutannya beliau mengungkapkan bahwa setelah donor darah yang dilakukan tahun lalu, banyak pegawai Bea Cukai Tembilahan yang cukup sering dihubungi oleh PMI untuk mendonorkan darahnya dan Bea Cukai Tembilahan merasa bangga bisa menolong PMI untuk mencukupi persediaan darah di Tembilahan. Setelah kata sambutan dari Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan dilanjutkan dengan kata sambutan dari perwakilan PMI Cabang Tembilahan, dr. Irianto  yang mengucapkan terima kasih kepada Bea Cukai Tembilahan yang sudah menolong melengkapi persediaan darah di Tembilahan.

Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan menjadi yang pertama mendonorkan darahnya yang kemudian diikuti oleh pegawai-pegawai lain dan pengguna jasa. Semoga dengan diadakannya kegiatan donor darah ini, dapat menolong banyak orang yang dalam kondisi yang membutuhkan karena satu kantong darah dapat menolong satu orang yang sangat membutuhkan. Untuk Indonesia, Bea Cukai Tembilahan Peduli dan kami berpartisipasi.

OPERASI BKC AKHIR TAHUN

Jan
10
OPERASI BKC AKHIR TAHUN

Dalam rangka memberantas peredaran Barang Kena Cukai khususnya rokok yang melanggar ketentuan di bidang cukai, menjelang akhir tahun 2013 Petugas Bea dan Cukai Tembilahan melakukan operasi peredaran BKC di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu.

Pada pertengahan bulan Desember 2013, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan bersama Tim P2 Kanwil Riau dan Sumbar melakukan operasi peredaran BKC di wilayah Kab. Indragiri Hulu. Hasilnya, Penegahan terhadap 317.356 batang rokok jenis SKT, SKM dan SPM berbagai merk yang pita cukai yang dilekatkan tidak sesuai dengan yang diwajibkan dari beberapa pasar di wilayah tersebut. Perkiraan nilai barang tersebut adalah sebesar Rp. 38.000.000 dan kerugian Negara yang ditimbulkan sebesar Rp. 231.756.660.

Kemudian, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan kembali berhasil melakukan penegahan terhadap 4.889.600 batang rokok jenis SKM berbagai merk yang pita cukai yang dilekatkan tidak sesuai dengan yang diwajibkan. Perkiraan nilai barang tersebut adalah sebesar Rp. 1.423.960.000 dan kerugian Negara yang ditimbulkan sebesar Rp. 3.593.856.000.

Dan di akhir tahun 2013, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan berhasil melakukan penegahan terhadap 120.000 batang rokok jenis SPM merk “Luffman” tanpa dilekati pita cukai asal kawasan bebas Batam. Perkiraan Nilai barang tersebut adalah sebesar Rp. 18.000.000 dan kerugian Negara yang ditimbulkan sebesar Rp. 46.800.000.

Dan diakhir Operasi Pengawasan Peredaran BKC tepatnya tanggal 02 Januari 2014, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan berhasil melakukan penegahan terhadap 305.400 batang rokok jenis SPM merk “Luffman” dan jenis SKM merk “UP Revolution” tanpa dilekati pita cukai asal kawasan bebas Batam, Perkiraan nilai barang tersebut adalah sebesar Rp. 46.770.000 dan kerugian Negara yang ditimbulkan sebesar Rp. 182.499.000.    

Kepala KPPBC TMP C Tembilahan Zaky Firmansyah menghimbau agar seluruh elemen masyarakat khususnya Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu untuk tidak melakukan kegiatan jual beli/distribusi rokok asal kawasan bebas tanpa dilekati pita cukai dan/atau rokok yang pita cukai yang dilekatkan tidak sesuai dengan yang diwajibkan karena dapat mengakibatkan kerugian Negara dan operasi kali ini selain melakukan penindakan juga dilakukan sosialisasi bersama tim P2 Kanwil DJBC Riau dan Sumbar kepada penjual eceran agar tidak melakukan jual beli/distribusi rokok yang melanggar ketentuan di bidang Cukai. Zaky Firmansyah juga menegaskan bahwa akan berkoordinasi dengan KPU BC Batam sebagai langkah-langkah pencegahan ke depan atas peredaran BKC jenis rokok yang berasal dari Batam.       

                     

Dari hasil operasi akhir tahun tersebut, total barang hasil penindakan sebanyak 5.632.356 batang rokok jenis SKT, SKM, dan SPM, total Perkiraan nilai barang sebesar Rp. 1.526.730.000,- dan kerugian Negara yang ditimbulkan sebesar Rp. 4.054.911.660,-. Barang hasil penindakan tersebut diduga melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2012 Perlakuan Kepabeanan, Perpajakan, Dan Cukai Serta Tata Laksana Pemasukan Dan Pengeluaran Barang Ke Dan Dari Serta  Berada Di Kawasan Yang Telah Ditetapkan Sebagai Kawasan Perdagangan Bebas Dan Pelabuhan Bebas.

Peringatan Hari Anti Korupsi

Des
13
Peringatan Hari Anti Korupsi

Pada tanggal 09 Desember 2013, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan menyelenggarakan rangkaian acara untuk memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia.  Rangkaian acara dilakukan dari pagi hingga sore hari yang dibagi dalam beberapa bagian acara, mulai dari apel pagi sampai dengan siraman rohani oleh ustad setempat.


 

Motivasi dan Inspirasi Hari Anti Korupsi Sedunia


Setelah melakukan apel pagi dalam memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, pada pukul 09.00 WIB dilakukan kegiatan pemberian motivasi dan inspirasi yang bertemakan “Menjadi Insan dan Pendukung Gerakan Anti Korupsi”. Kegiatan pemberian motivasi ini sendiri diadakan di Aula Sri Gemilang KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan yang dihadiri oleh para pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan dan beberapa pengguna jasa.


Acara pemberian motivasi ini dimulai dengan menyanyikan Mars Bea dan Cukai. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, Zaky Firmansyah. Dalam sambutannya, kepala kantor mengingatkan kembali bahwa bea cukai memegang peranan penting dalam memerangi korupsi, mengingat bahwa tugas utama bea cukai sebagai salah satu penjaga keuangan negara yang rentan dengan bahaya korupsi. Oleh karena itu, petugas bea cukai terutama para pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan harus lebih berkomitmen dalam memerangi berbagai bentuk korupsi.

Selanjutnya, acara diisi dengan pemberian motivasi oleh Sahari, sebagai narasumber yang dalam hal ini juga merupakan seorang motivator yang sudah akrab di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Dalam pemberian motivasinya, dengan penuh semangat, Sahari mencoba membakar semangat para peserta dalam memberantas korupsi. Kemudian, setelah selesai dengan pemberian motivasi, kegiatan dilanjutkan dengan membuka sesi tanya jawab dan kemudian pemberian plakat kepada narasumber.

Kemudian acara diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, yang dimulai oleh Kepala Kantor dan para Kepala Seksi.

Ceramah Siraman Rohani


Setelah para pegawai disegarkan semangatnya (Intelligence Quotients dan Emotional Quotiens) melalui pemberian motivasi, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan ceramah siraman rohani untuk penyegaran rohani (Spiritual Quotients) para pegawai. Acara ceramah siraman rohani, dimulai pada pukul 16.30 WIB dan diadakan di halaman kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Acara ini dihadiri oleh seluruh pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan dan keluarga, serta undangan yang terdiri dari anak – anak yatim piatu, dan para pensiunan.

Acara dimulai dengan pembacaan doa, dan kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan kepala kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, Zaky Firmansyah. Dalam kata sambutannya, Kepala Kantor mengungkapkan bahwa untuk memberantas korupsi dibutuhkan tidak hanya sekedar semangat, namun juga hati yang bersih untuk melawan bahaya korupsi. Setelah sambutan kepala kantor, acara dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak – anak yatim piatu dan kepada para pensiunan.

Dan kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian ceramah siraman rohani oleh Ustad Ruhkiat. Dalam ceramahnya yang juga masih bertemakan Hari Anti Korupsi Sedunia, banyak hal yang diingatkan kembali, salah satunya bahwa korupsi itu merupakan perbuatan terlarang bukan hanya dari sisi hukum melainkan juga dari sisi agama, oleh karena itu kita sebagai umat beragama harus giat melawan korupsi. Kemudian ceramah siraman rohani diakhiri dengan pembacaan doa dan selanjutnya diakhiri dengan melakukan sholat maghrib berjamaah.