Melayani dengan cepat dan ikhlas Mengawasi dengan kesungguhan Membina SDM secara profesional

SELAMAT DATANG
di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan

Berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Bumi Sri Gemilang, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan merupakan instansi vertikal di bawah Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat. Kantor ini merupakan kantor transformasi dari KPBC Tipe A3 Tembilahan, dengan kegiatan utama memberikan pelayanan ekspor dan impor umum serta kawasan berikat. Komoditi kepabeanan yang utama, berasal dari hasil perkebunan berupa kelapa dan kelapa sawit. Didukung oleh sumber daya dan teknologi yang ada, kami siap melaksanakan dan mensukseskan visi dan misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. DUKUNG KAMI UNTUK LEBIH BAIK!

Polling Pendapat
Kejujuran pendapat Anda tentang pelayanan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan




Peraturan Baru
Layanan Masyarakat
PENGADUAN bctembilahan@customs.go.id SMS : 081275377466; Telp (0768)325745
Petugas 1 Petugas 2

Form Pengaduan


*Demi kepentingan bersama, IP Address Anda berikut ini 54.221.38.147 akan kami simpan.
Statistik Pengunjung
Minggu ini : 144
Bulan ini : 5617
Tahun ini : 17438
Online : 2
Anda pengunjung ke :
00360992

Berita & Agenda

PEMBAYARAN NEGARA MENGGUNAKAN KODE BILLING

Nov
09
PEMBAYARAN NEGARA MENGGUNAKAN KODE BILLING

“Selamat datang di Aula Sri Gemilang” begitulah sambutan yang diberikan saat pembukaan acara Sosialisasi Pembayaran Negara dengan Menggunakan Kode Billing (MPN G-2) hari Rabu, tanggal 4 November 2015.

 Pembayaran negara menggunakan Modul Penerimaan Negara G-2, merupakan pengembangan dari sistem pembayaran negara yang sebelumnya, Modul Penerimaan Negara generasi pertama yang telah digunakan sejak tahun 2006. Sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK-32/PMK.05/2014 tentang Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik menyebutkan pembayaran/penyetoran penerimaan negara ke Bank/Pos Persepsi menggunakan kode billing.

 

Dwi Suhartanto selaku Plh. Kepala Kantor membuka acara sosialisasi dan menjelaskan sekaligus memberikan gambaran singkat mengenai kode billing kepada peserta dan undangan yang dihadiri oleh perwakilan bank/pos persepsi juga pengguna jasa yang terdiri dari importir, eksportir, pengangkut dan pengusaha kawasan berikat.

Pembayaran menggunakan kode billing ini nantinya akan memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi pengguna jasa, biller/DJBC, dan juga Bank/Pos Persepsi. Salah satu kemudahan yang diperoleh dari penggunaan billing yaitu dalam proses pembuatan dan pembayarannya. Prinsip dasar untuk pembayaran billing hampir sama dengan kode pembayaran tiket pesawat yang didapatkan melalui pemesanan secara online. Hal yang persis sama juga berlaku untuk pembuatannya, sama-sama dilakukan secara online yang tentunya akan memudahkan. Untuk pembayaran sendiri, apabila billing/tagihan yang akan dilunasi telah mendapatkan kode billing pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai pilihan seperti melalui ATM, Internet Banking, Mesin EDC (Electronic Data Capture), Kantor Pos dan juga Teller Bank Persepsi. Pemaparan dan penjelasan lebih lanjut mengenai prosedur-prosedur, alur pembayaran dokumen kepabeanan, dan kode billing secara umum disampaikan oleh Olverio Arief, Pelaksana pada KPPBC Tembilahan.

 

Setelah penjelasan materi, kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Kemudian seluruh peserta sosialisasi bersama-sama melakukan simulasi pembuatan kode billing yang dipandu oleh pegawai Bea Cukai Tembilahan. Simulasi ini meningkatkan antusiasme peserta terhadap penggunaan kode billing ini nantinya. Di tengah-tengah pelaksanaan simulasi juga kembali diselingi tanya jawab dan diskusi antara peserta dan narasumber.

Menjelang siang hari, Sosialisasi Pembayaran Negara dengan Menggunakan Kode Billing (MPN G-2) ditutup dengan harapan sistem yang memudahkan dapat memberi hasil yang memuaskan baik dalam penerimaan DJBC kedepannya dan dalam implementasi MPN G-2 (kode billing) yang direncanakan mulai tanggal 1 Januari 2016 nanti.

Keep Innovating. Bravo Bea Cukai!

TEAM BUILDING DAN PENINGKATAN KAPASITAS PEGAWAI

Okt
28
TEAM BUILDING DAN PENINGKATAN KAPASITAS PEGAWAI

Dengan mengusung semangat hari oeang ke-69 tahun 2015, pada tanggal 24 & 25 Oktober Bea Cukai Tembilahan melaksanakan Team Building dan Peningkatan Kapasitas Pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Kegiatan outing kali ini mengambil tempat di Lawang Adventure Park, Maninjau, Sumatera Barat.

 

 

 


 

Pelaksanaan outing pada tahun ini memberikan kesan tersendiri bagi pegawai KPPBC Tembilahan, dimulai dengan perjalanan dari Tembilahan menuju Maninjau menggunakan bus yang memakan waktu lebih kurang 15 jam. Terjadinya kerusakan pada bus yang menghambat dan memakan waktu perjalanan serta kondisi cuaca yang kurang bersahabat dikarenakan bencana asap tidak menurunkan semangat para pegawai Bea Cukai Tembilahan.

Setelah menempuh dan melewati hambatan-hambatan, akhirnya pada pukul 09.30 WIB rombongan Bea Cukai Tembilahan tiba di lokasi yakni Lawang Adventure Park, Maninjau, Sumatera Barat. Udara yang sejuk dan hamparan tumbuhan yang hijau namun tertutup kabut asap menjadi pemandangan pertama yang disuguhkan kepada rombongan oleh alam Sumatera Barat. Setelah menikmati alam dan melepas lelah sejenak sambil menikmati welcome drink hangat, acara kemudian diambil alih oleh Tim Mitra HRD. Pembukaan kegiatan outing diawali dengan ice breaking dan permainan-permainan ringan yang diberikan oleh Tim Mitra HRD, permainan seperti “Kata Andi” yang mengharuskan pemainnya untuk santai tapi fokus mengundang gelak tawa kepada pegawai dan memberikan semangat tambahan dan sejenak melupakan kelelahan perjalanan. Setelah menikmati makan siang, kegiatan dilanjutkan di luar ruangan.

 Agar pelaksanaan menjadi lebih efisien, para pegawai dibagi menjadi tiga kelompok masing-masing berisi 10 orang. Sebelum dimulainya kegiatan outdoor, kelompok yang telah dibagi tadi dipimpin oleh ketua kelompok yang dipilih langsung oleh anggotanya dengan semangat meneriakkan yel-yel dan menyanyikan lagu/jingle untuk kelompok masing-masing. Kemudian, tiap-tiap kelompok mendapatkan sebuah tugas untuk diselesaikan diantaranya toxic waste,blind project,dan water boom.

  

Tiap-tiap tugas yang diberikan dikemas dalam bentuk permainan dengan mengambil dasar dari motto Bea Cukai Tembilahan, yakni Kompeten, Efektif & Efisien, Loyal, Antisipatif, Profesionalisme, Akuntabel (KELAPA). Untuk menyelesaikan masing-masing permainan diperlukannya kepercayaan antara sesama rekan tim (trust building), didukung kompetensi yang dimiliki oleh tiap anggota tim untuk menyelesaikan permainan secara efektif dan efisien dan juga sifat professional pada saat melaksanakan tugas. Dikarenakan kegiatan-kegiatan yang diberikan bersifat santai tapi serius, proses learning menjadi lebih menyenangkan.

Setelah kegiatan outdoor pada siang menjelang sore selesai dilakukan, kegiatan pada malam hari dilanjutkan setelah santap makan malam. Dimulai dengan review kegiatan oleh Tim HRD diwakili oleh Bung Sandi, dilanjutkan dengan malam keakraban antara para Pegawai yang diisi dengan canda tawa, kebahagiaan dan juga rasa syukur atas kelancaran kegiatan pda hari pertama. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan perpisahan dengan Kasi Perbendaharaan, Andrianto yang dipindah tugaskan ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Pekanbaru.

           

Sepatah dua patah kata dari Kepala Kantor KPPBC Tembilahan, Gunawan Tri Wibowo dan Kasi Penindakan dan Penyidikan Setiawan Rosyidi mengawali proses perpisahan, lalu berganti kepada man of the hour mantan Kasi Perbendaharaan, Andrianto.

 

 

 

 

 

 


 Beliau menceritakan tentang pengalaman-pengalaman yang dialami serta suka-duka yang dirasakan selama melaksanakan tugasnya di Tembilahan. Kemudian, untuk mengantar “kepergian mantan” ke tempat baru. Secara simbolis Kepala KPPBC didampingi Kepala Sub Bagian Umum (KSBU), Dwi Suhartanto memberikan kenang-kenangan yang diwakilkan dengan sebuah biola yang dianggap mewakili hobi Bapak Andrianto yang menggemari musik.Saat ada yang pergi akan ada yang datang, di waktu yang bersamaan juga dilakukan penyambutan terhadap pejabat baru yakni Kasi Perbendaharaan, Dwi Arya Praja yang menggantikan pejabat lama, Andrianto dan Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan Cukai dan Dukungan Teknis yang mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan oleh pejabat yang lebih dulu pindah. Para pejabat yang baru ini berharap agar bisa memberikan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Selamat bergabung!

 

Hari kedua kegiatan outing  dimulai dengan kegiatan olahraga dan game ringan yang melatih reflex dan fokus para pegawai. Setelah sarapan kegiatan berganti ke dalam ruangan dilanjutkan dengan acara motivasi oleh Muhammad Zuhrizul Chaniago, beliau adalah founder dari Tim Mitra HRD. Dalam  motivasinya beliau memberikan penjelasan mengenai 3 tingkatan loyalitas yang dimiliki oleh pegawai atau karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan maupun instansi pemerintahan.  

Tingkat loyalitas yang wajib dimiliki oleh seorang Pegawai yang berkerja pada di Instansi Pemerintahan atau Pegawai Negeri Sipil yaitu tingkat loyalitas ketiga dengan definisi “Saya menemukan alasan yang sangat luhur dan bermakna yang membuat saya setia pada profesi saya saat ini.” Disela-sela pemberian motivasi para pegawai diberikan tes kepribadian yang mengacu kepada MYERS – BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI®). Hasil dari MBTI ini akan memberikan gambaran bagaimana kepribadian seseorang dan juga cara untuk memaksimalkan kemampuan agar bisa mencapai tingkat loyalitas ketiga tadi.

 

 

Setelah acara motivasi, kemudian kegiatan outing ditutup oleh Kepala KPPBC dan penyerahan bingkisan untuk peserta terfavorit yang menularkan semangatnya kepada yang lain. Setelah makan siang rombongan kembali menuju Tembilahan untuk memberi pengadbian kepada Negara dengan pikiran yang segar dan semangat yang tentunya baru.

 Bravo Bea Cukai Tembilahan!

SHARE A LITTLE, CARE A LITTLE - CUSTOMS TEMBILAHAN BLOOD DONATION

Okt
26
SHARE A LITTLE, CARE A LITTLE - CUSTOMS TEMBILAHAN BLOOD DONATION

Hari Oeang ke- 69 tahun 2015 mengusung tema “Gelorakan Semangat Kerja Guna Percepatan Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan”. Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Oeang tahun ini KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan menyelenggarakan kegiatan Donor Darah ORI.  Kegiatan ini juga bertujuan untuk menerapkan Nilai-nilai Kementerian Keuangan serta memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemanusiaan dan masyarakat luas.

 

 

foto bersama donor2

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Tembilahan, kegiatan Donor Darah ORI diselenggarakan pada hari Juma’t tanggal 23 Oktober 2015 pukul 08.30 WIB, diikuti oleh para pegawai, unsur pendukung kantor, dan pengguna jasa yang beroperasi di lingkungan kerja Bea Cukai Tembilahan, kegiatan ini merupakan donor darah yang dilakukan oleh Bea Cukai Tembilahan untuk kedua kalinya pada tahun 2015 setelah sebelumnya diselenggarakan pada saat perayaan  Hari Pabean Internasional ke-63 bulan Januari lalu. Sebagai Plh. Kepala Kantor pada saat berlangsungnya Donor Darah ORI, Dwi Suhartanto, membuka acara dan memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan beberapa manfaat yang diperoleh dari donor darah seperti membantu sirkulasi darah dan memperbaharui sel darah baru.

 

 Pada kesempatan yang sama beliau juga mengatakan bahwa antara Bea Cukai Tembilahan dan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Tembilahan telah terjalin hubungan yang sangat baik mengingat cukup rutinnya beberapa Pegawai bea cukai yang mendonorkan darah tiap 3 bulan atas inisiatif pribadi, tidak lupa pula beliau menyampaikan rasa terima kasih sebesarnya kepada PMI cabang Tembilahan sehingga Donor Darah ORI ini bisa terwujud. Setelah pembukaan dan kata sambutan dari Plh. Kepala Kantor dan perwakilan PMI kegiatan donor darah dimulai.Kehormatan pertama jatuh kepada Kasi Penindakan dan Penyidikan, Setiawan Rosyidi kemudian dilanjutkan oleh Pejabat sturuktural lainnya, para pegawai dan unsur pendukung kantor serta beberapa Stakeholder yang diundang. Kegiatan Donor Darah ORI berlangsung sampai dengan pukul 11.30 WIB dalam keadaan lancar dan bahagia, semoga dengan terkumpulnya kantong-kantong darah dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi yang memberikan dan memerlukan.

Darah yang anda donorkan dapat memberikan kesempatan bagi orang lain untuk menikmati hidup. Suatu hari orang tersebut bisa saja keluarga, teman, kolega atau bahkan anda sendiri”

KPPBC TMP C Tembilahan Melawan Asap

Sep
20
KPPBC TMP C Tembilahan Melawan Asap

Kondisi asap di wilayah Riau semakin mengkhawatirkan, semakin hari asap akibat pembakaran lahan semakin tebal dan mengganggu kegiatan masyarakt di wilayah Riau khususnya Tembilahan. Bukan hanya kegiatan masyarakat yang terganggu akan tetapi dampak buruk dari asap ini juga mengakibatkan kesehatan masyarakat yang berada di Tembilahan menurun. Jika dibiarkan terus seperti ini maka tidak menutup kemungkinan kedepannya masyarakat Tembilahan semakin banyak yang mengalami gangguan pernafasan yang diakibatkan oleh asap.

 

Melihat kondisi seperti ini KPPBC TMP C Tembilahan, merasa perlu membantu sesama saudara kita yang berada di Tembilahan dengan membagikan masker kepada warga, agar mengurangi dampak buruk dari asap yang semakin tebal ini. Pembagian masker oleh KPPBC TMP C Tembilahan ini berlangsung pada tanggal 19 September 2015, bertempat di pelabuhan dan sungai yang berada di pinggir kota Tembilahan.

 

Semoga dengan bantuan yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi warga sekitar.

Survey Kepuasan Pengguna Jasa di Lingkungan Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat

Agt
14
Survey Kepuasan Pengguna Jasa di Lingkungan Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat

Kamis, 13 Agustus 2015 KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengadakan survei mengenai Kepuasan Pengguna Jasa di Lingkungan Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat yang dipimpin oleh Kepala Kantor KPPBC Tembilahan. Acara yang dilaksanakan di Aula Sri Gemilang dan dihadiri oleh perwakilan dari setiap pengguna jasa yang terdaftar pada KPPBC Tembilahan itu bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dari masing-masing pengguna jasa terhadap pelayanan yang diberikan selama menerima pelayanan pada KPPBC Tembilahan. Selanjutnya Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan memberikan arahan kepada pengguna jasa tentang tatacara pengisian survey yang akan dilaksanakan. Dalam kegiatan tersebut,  antusiasme audience terlihat sangat baik terhadap jalannya acara ini.

 

     

          Setelah diadakannya survei kepuasan pengguna jasa, diharapkan setiap KPPBC dibawah Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan pengawasan yang diberikan terkait kegiatan kepabeanan sebab DJBC selalu memegang teguh pelayanan terbaik yang harus diberikan kepada masyarakat.