Melayani dengan cepat dan ikhlas Mengawasi dengan kesungguhan Membina SDM secara profesional

SELAMAT DATANG
di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan

Berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Bumi Sri Gemilang, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan merupakan instansi vertikal di bawah Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat. Kantor ini merupakan kantor transformasi dari KPBC Tipe A3 Tembilahan, dengan kegiatan utama memberikan pelayanan ekspor dan impor umum serta kawasan berikat. Komoditi kepabeanan yang utama, berasal dari hasil perkebunan berupa kelapa dan kelapa sawit. Didukung oleh sumber daya dan teknologi yang ada, kami siap melaksanakan dan mensukseskan visi dan misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. DUKUNG KAMI UNTUK LEBIH BAIK!

Polling Pendapat
Kejujuran pendapat Anda tentang pelayanan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan




Peraturan Baru
Layanan Masyarakat
PENGADUAN bctembilahan@customs.go.id SMS : 081275377466; Telp (0768)325745
Petugas 1 Petugas 2

Form Pengaduan


*Demi kepentingan bersama, IP Address Anda berikut ini 54.81.216.254 akan kami simpan.
Statistik Pengunjung
Minggu ini : 1633
Bulan ini : 7049
Tahun ini : 79654
Online : 2
Anda pengunjung ke :
00213511

Berita & Agenda

PENGHARGAAN HARI OEANG 67

Nov
04
PENGHARGAAN HARI OEANG 67

Bertempat di Kementerian Keuangan, 30 Oktober 2013 diperingati sebagai Hari Oeang ke-67. Diawali dengan Upacara Hari Oeang, yang dipimpin langsung oleh Menteri Keuangan, M. Chatib Basri dan diikuti seluruh pejabat struktural esselon 1 sampai dengan esselon 4 dan juga perwakilan pegawai seluruh Ditjen, Badan dan Pusat, berjalan dengan hikmat.

 

 

UPACARA HARI OEANG


Dalam sambutan Hari Oeang, M. Chatib Basri mengingatkan bahwa 67 tahun yang lalu, tepatnya tanggal  30 Oktober 1946, untuk pertama kalinya, Pemerintah Indonesia yang berdaulat menerbitkan Oeang Republik Indonesia (ORI) dan menyatakan bahwa uang Jepang dan uang Javasche Bank tidak berlaku lagi.

Terbitnya ORI telah membangkitkan semangat rakyat Indonesia untuk terus menjaga dan mempertahankan kemerdekaan Negara Indonesia dari tangan penjajah. Semangat yang menggelora tersebut patut kita teladani dalam keseharian kita menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa dan Negara. Pengabdian yang harus kita junjung dan kita jalankan secara ikhlas dari hati nurani kita masing-masing, tidak hanya pengabdian kepada bangsa dan negara, tetapi juga wujud nyata seorang hamba menjalankan amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Melalui peringatan Hari Oeang ini, mari cintai Indonesia dengan cara mencintai dan memperlakukan Rupiah yang kita miliki dengan benar.

Hari Oeang ke-67 mengambil tema  “Menuju Perekonomian Nasional yang MANTAB (Mandiri, Kuat, dan Stabil) Bersama Kemenkeu”. Tema tersebut sangat relevan dengan tema Rencana Kerja Pemerintah tahun 2013 yaitu “Memperkuat Perekonomian Domestik bagi Peningkatan dan Perluasan Kesejahteraan Rakyat”. Pilihan tema dimaksud juga menunjukan optimisme Kementerian Keuangan dalam mengelola keuangan dan kekayaan negara supaya daya tahan dan daya saing perekonomian nasional meningkat dalam kegiatan ekonomi yang semakin bersifat global dan kualitas kehidupan masyarakat semakin membaik. Terkait memperkuat fundamental ekonomi, Kementerian Keuangan juga harus menjaga stabilitas perekonomian nasional. Stabilitas perekonomian adalah syarat utama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pertumbuhan yang tinggi dan peningkatan kualitas. Stabilitas perekonomian juga sangat penting untuk memberikan kepastian berusaha bagi para pelaku ekonomi.

Untuk itu, melalui peringatan Hari Oeang ke-67, Menteri Keuangan ingin mengajak kepada seluruh pegawai, mari tunjukan sikap proaktif dalam menjaga iklim ekonomi sehingga Kementerian Keuangan mampu mendorong kreativitas dan inovasi dari para pelaku ekonomi di negeri ini. Mari bersama berjuang untuk mewujudkan perekonomian nasional yang mandiri, kuat, dan stabil bersama Kementerian Keuangan.

PENGHARGAAN HARI OEANG


Menteri Keuangan, dalam upacara tersebut memberikan plakat penghargaan atas pencapaian keberhasilan terhadap Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) tahun 2013 dimana Juara 1 diberikan kepada KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, runner up KPPBC Tipe Madya Pabean A Bogor dan posisi ketiga ditempati oleh KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung. Menteri Keuangan juga mengucapkan selamat bahwa pencapaian Kantor Pelayanan Percontohan Tahun 2013 telah menunjukkan prestasi, pelayanan, dedikasi, kerja keras, dan sikap profesionalisme selama ini. Menteri berharap, di lingkungan Kementerian Keuangan selalu lahir teladan-teladan yang memberi inspirasi bagi kita semua untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa.

TRANSFORMATION DAY


Setelah melaksanakan upacara Hari Oeang yang berakhir jam 09.30, Menteri Keuangan, para Wakil Menteri Keuangan, para pejabat struktural dan pegawai Kementerian Keuangan masuk ke Gedung Danaphala untuk peluncuran acara Transformation Day. Diawali dengan penanyangan video Transformasi Kelembagaan dan kunjungan ke stand galleri transformasi.

Acara dilanjutkan dengan pembagian piala berbagai macam cabang olahraga dan seni oleh Wakil Menteri II, DJBC mendapakan 4 piala Juara 1 dari cabang Sepak Bola, Bola Volli, badminton, dan Bola Basket.

Kemudian diadakan acara talkshow Transformasi Kelembagaan yang dipimpin oleh Menteri Keuangan, Wakil Menteri dan Seluruh Esselon I dan Staff Ahli Menkeu. Program transformasi kelembagaan adalah sebuah agenda besar untuk mewujudkan Kementerian Keuangan yang unggul, terintegrasi dan berkelas internasional. Kementerian Keuangan harus bertransformasi untuk meninggalkan sekat-sekat sektoral dan harus lebih berorientasi pada proses bisnis yang terintegrasi, berbasis pada teknologi informasi dan SDM yang unggul. Kemungkinan munculnya perbedaan cara pandang dari pelaksanaan program transformasi kelembagaan selalu ada. Namun, yang perlu kita pahami adalah perbedaan tersebut, merupakan dinamika organisasi menuju perbaikan untuk menjamin adanya sustainability fiskal dan proses bisnis yang terjadi di dalam organisasi.

Segenap pimpinan Kementerian Keuangan, supaya meningkatkan kualitas dari sistem yang telah kita bangun bersama, tutup celah-celah yang memungkinkan aparat kita berbuat korupsi, kolusi dan nepotisme. Sebagai pengambil kebijakan harus selalu bersikap waspada, hati-hati (prudent), bertanggungjawab, akuntabel dan transparan. Kebijakan yang saudara ambil, akan dinilai oleh masyarakat, bangsa dan negara. Juga kepada para pegawai hendaknya menunjukkan hasil kerja yang berkualitas dan berintegritas, selalu bersikap responsif, selalu menjunjung azas transparansi dan akuntabilitas.

Setelah Talkshow, sebagai penutup acara kembali diundang ke atas panggung Unit Kerja Berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan 12 kantor dari KPP, KPPBC, KPPN, dan KPKNL serta Dirjen Bea dan Cukai dipanggil juga ke atas panggung sebagai penerima juara umum HUT Oeang tahun 2013. Menteri Keuangan Kembali memberi Piagam Penghargaan kepada mereka dan Piala Bergilir.

PEMBAGIAN HADIAH KPPc


Setelah Makan Siang, 12 Kantor yang masuk KPPc Tahun 2013 berkumpul di Gedung Djuanda I. Dalam acara yang dipimpin Kepala Biro Organta Sekjen Kemenkeu dilakukan pemberian hadiah kepada para juara 1 KPPBC TMP C Tembilahan, KPP Makassar, KPPN Malang, dan KPKNL Padang berupa LCD Projector yang berguna untuk operasional kantor, begitu pula para juara 2 dan 3. Setiap Kantor KPPc memberikan kesan dan pesan dalam acara tersebut dan diakhir acara dilakukan foto bersama Kepala Kantor KPPc. Dan yang membuat kejutan, bahwa seluruh pegawai dari 12 Kantor ini mendapatkan piagam yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan.

Bravo Kementerian Keuangan menjadi Kementerian yang unggul dan berkelas dunia.

SATKER TERBAIK

Nov
01
SATKER TERBAIK

Workshop Finalisasi Alokasi Anggaran RKA-K/L Tahun Anggaran 2014 dan Aplikasi Sensus BMN dan E-Procurement Gelombang II kembali diselenggarakan. Kali ini bertempat di Mercure Convention Centre Ancol Hotel, Jakarta. Acara yang berlangsung selama 3 hari (21 Oktober 2013 s.d 23 Oktober 2013) dibuka pada pukul 14.00 WIB oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Iyan Rubiyanto. Para peserta workshop ini merupakan gabungan dari 6 Kantor Wilayah DJBC Yaitu, Kanwil DJBC Aceh, Kanwil DJBC Sumatera Utara, Kanwil DJBC Riau dan Sumater Barat, Kanwil DJBC Sumbagsel, dan Kanwil DJBC Kalbagtim berikut satker-satker yang berada dibawahnya. Pada sambutan pembuka, Iyan Rubiyanto menjelaskan secara singkat mengenai pencapaian anggaran TA. 2013 sampai dengan periode akhir September yang masih kurang dari target pencapaian Triwulan III . Pada kesempatan itu pula Beliau menegaskan kepada seluruh satuan kerja khususnya satuan kerja yang mempunyai Pagu Anggaran Belanja Modal agar segera direalisasikan secepatnya.  Setelah kata sambutan dari Sekretaris DJBC dan Kasubbag Penyusunan Anggaran Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, dilanjutkan dengan acara workshop yang dilaksanakan secara parallel antara lain Finalisasi Alokasi Anggaran RKA-K/L 2014, Aplikasi Simak BMN TA. 2013 dan Sensus BMN, serta Pengarahan Pengisian RUP TA. 2014.

 

Akhirnya pada tanggal 22 Oktober 2013, penyelenggaraan Workshop Finalisasi Alokasi Anggaran RKA-K/L Tahun Anggaran 2014 dan Aplikasi Sensus BMN dan E-Procurement Gelombang II secara resmi ditutup oleh Kepala Bagian Keuangan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Pada kesempatan ini KPPBC Tembilahan memperoleh bingkisan sebagai salah satu Satuan Kerja Terbaik pada Finalisasi RKA-K/L Tahun Anggaran 2014 yang dinilai berdasarkan pencapaian kinerja terkait pelaksanaan anggaran TA 2013, RKA-K/L TA 2014 serta pengelolaan BMN yang diterima oleh Kepala Subbagian Umum KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, Bapak Adhi Suryana.

SMARTPHONE ILLEGAL !!!

Okt
17
SMARTPHONE ILLEGAL !!!

Pada hari rabu tanggal 16 Oktober 2013 sekitar pukul 14.30 WIB, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan yang dipimpin Asnawi, Kasubsi Penindakan berhasil menegah Handphone dan Aksesoris illegal yang dikemas dalam 2 karton dan 1 bag di Dermaga Syahbandar, Tembilahan. Barang illegal tersebut diduga merupakan barang kiriman yang dimuat dari  speed boat  RJ. 08 asal Batam tujuan Tembilahan. Penindakan tersebut merupakan hasil kegiatan intelijen yang dilakukan oleh KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan terkait peredaran Handphone yang diduga illegal asal Batam di Tembilahan.

Kegiatan pemasukan Handphone illegal ini dari Batam diduga dilakukan dengan menggunakan modus barang kiriman dan sesampai di Dermaga Tembilahan dibawa oleh jasa porter. Hal ini dapat dilihat dari barang bukti yang diamankan berupa 2 karton dan 1 bag yang bertali hijau, diambil dari speed boat RJ. 08 tersebut dan diletakan ke dalam gerobak oleh  porter untuk selanjutnya dikirim ke seseorang yang diduga pemilik barang illegal ini. Atas kecurigaan ini,  kotak dan bag tersebut diperiksa dan kedapatan handphone dan aksesories illegal. Atas temuan tersebut barang bukti, salah satu crew speed boat RJ. 08, dan salah satu porter dibawa ke KPPBC TMP C Tembilahan guna proses penelitian lebih lanjut..

Dari barang bukti yang diamankan dilakukan  pencacahan dan dibuatkan Berita Acara dengan disaksikan/ditandatangani  crew Speed Boat RJ. 08 dan porter, sebagai berikut :

-       Kotak pertama kedapatan 86 Handphone  (handset) merk Samsung Galaxy S4 i9500;

-       Kotak kedua 74 Handphone (handset) merk Samsung Galaxy S4 i9500; dan

-       Pada bag kedapatan 80 Pcs handphone (handset)  merk Samsung Galaxy S4 i9500 dan 59 Pcs cover / hardcover Samsung Galaxy S4 i9500.

Dari hasil permintaan keterangan terhadap crew speed boat. RJ 08 a.n ZK dan  porter a.n. SY didapat keterangan bahwa barang tersebut merupakan barang kiriman dari Batam dan mereka tidak mengetahui pemilik atau penerima barang tersebut. Selanjutnya, Bea dan Cukai akan mengembangkan penyelidikan untuk memanggil pihak – pihak lain yang terkait atas kejadian tersebut guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan Zaky Firmansyah menghimbau agar semua lapisan masyarakat untuk tidak memasukkan barang larangan dan pembatasan tanpa dilindungi dokumen kepabeanan. Hal tersebut dapat merusak peredaran dalam negeri dan merugikan negara. Beliau juga menerangkan bahwa akan terus meningkatkan pengawasan dan mengembangkan informasi-informasi intelijen secara terus menerus.

Diperkirakan nilai barang tersebut sebesar Rp. 1.200.000.000,00, (satu milyard dua ratus juta rupiah) dan kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp. 215.000.000,00 (dua ratus lima belas juta rupiah). Adapun ketentuan yang dilanggar adalah Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 2012 Tentang Perlakuan Kepabeanan, Perpajakan, dan Cukai Serta Tata Laksana Pemasukan dan Pengeluaran Barang ke dan dari Serta Berada di Kawasan Yang Telah Ditetapkan Sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dan  Peraturan Menteri Kominfo No: 29/PER/M.KOMINFO/09/2008 tanggal 09 September 2008 tentang Sertifikasi Alat & Perangkat Telekomunikasi.

IDUL QURBAN 1434 H

Okt
15
IDUL QURBAN 1434 H

Selasa tanggal 15 Oktober 2013 yang bertepatan dengan hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah yang juga dinamakan sebagai Hari Raya Haji atau Idul Qurban, para pegawai dan karyawan unsur pendukung kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan setelah melakukan sholat ied melaksanakan pemotongan hewan qurban berupa satu ekor sapi dan satu ekor kambing di area KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.

       Pada saat pelaksanaan pemotongan hewan qurban sampai dengan pembagiannya dilakukan bersama-sama dengan bahu membahu oleh para pegawai dan karyawan unsur pendukung kantor termasuk juga para pegawai yang non muslim sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian di antara pegawai.

       Daging hewan kurban selanjutnya dibagikan langsung kepada para anak yatim, kaum duafa, pensiunan pegawai bea dan cukai, pegawai dan unsur pendukung kantor dilakukan dengan sistem diantar langsung.

       Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa,  pelaksanaan peringatan hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan berjalan dengan aman dan lancar. Diharapkan dengan adanya peringatan ini kita bisa lebih meningkatkan dan mempertahankan semangat kebersamaan dan semangat kepedulian khususnya di antara pegawai dan unsur pendukung kantor maupun terhadap masyarakat sekitar.

kurbanFoto bersama

Training ESQ BC Tembilahan

Okt
02
Training ESQ BC Tembilahan

Bahwa untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Sabtu pagi, tanggal 28 September 2013 KPPBC TMP C Tembilahan mengadakan ESQ training di meeting room Hotel Winstar Pekanbaru yang diselenggarakan oleh Lembaga ESQ Way 165 Cabang Pekanbaru. Kegiatan Training dimulai pukul 08.00 WIB selama satu hari yang pimpin langsung oleh Trainer yang sekaligus juga sebagai  Branch Manager Lembaga ESQ Way 165 Cabang Pekanbaru ‘Achmad Zaki’.

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara dibuka oleh Zaky Firmansyah selaku Kepala KPPBC TMP C Tembilahan. Rasa letih karena perjalanan jauh dari Tembilahan ke Pekanbaru tidak menghalangi antusiasme para pegawai untuk mengikuti training tersebut. Hal ini terlihat ketika sapaan dan permain-permainan seru dari trainer diikuti dengan semangat oleh seluruh pegawai. Training ESQ ini sendiri merupakan pelatihan untuk mengkaji secara lebih dalam kecerdasan emosi (Emotional Quotion)  dan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotion) para pesertanya.

Sekitar pukul 17.30 acara berakhir dan ditutup oleh Kepala KPPBC TMP C Tembilahan ‘Zaky Firmansyah’. Dalam sambutan penutupnya, Kepala KPPBC TMP C Tembilahan mengaharapkan agar kita dapat mengambil hikmah dan manfaat atas kegiatan training ESQ bagi organisasi/kantor dan kita sebagai individu/pribadi yang untuk selanjutnya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan tidak hanya berhenti setelah selesai dari kegiatan training namun mesti berkesinambungan sehingga dapat menjadikan pribadi-pribadi yang bermanfaat bagi keluarga, organisasi/kantor dan masyarakat.

(Tim ESQ BC Tembilahan).