Melayani dengan cepat dan ikhlas Mengawasi dengan kesungguhan Membina SDM secara profesional

SELAMAT DATANG
di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan

Berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Bumi Sri Gemilang, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan merupakan instansi vertikal di bawah Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat. Kantor ini merupakan kantor transformasi dari KPBC Tipe A3 Tembilahan, dengan kegiatan utama memberikan pelayanan ekspor dan impor umum serta kawasan berikat. Komoditi kepabeanan yang utama, berasal dari hasil perkebunan berupa kelapa dan kelapa sawit. Didukung oleh sumber daya dan teknologi yang ada, kami siap melaksanakan dan mensukseskan visi dan misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. DUKUNG KAMI UNTUK LEBIH BAIK!

Polling Pendapat
Kejujuran pendapat Anda tentang pelayanan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan




Peraturan Baru
Layanan Masyarakat
PENGADUAN bctembilahan@customs.go.id SMS : 081275377466; Telp (0768)325745
Petugas 1 Petugas 2

Form Pengaduan


*Demi kepentingan bersama, IP Address Anda berikut ini 50.16.98.1 akan kami simpan.
Statistik Pengunjung
Minggu ini : 622
Bulan ini : 11065
Tahun ini : 26880
Online : 2
Anda pengunjung ke :
00259380

Berita & Agenda

OPERASI BKC AKHIR TAHUN

Jan
10
OPERASI BKC AKHIR TAHUN

Dalam rangka memberantas peredaran Barang Kena Cukai khususnya rokok yang melanggar ketentuan di bidang cukai, menjelang akhir tahun 2013 Petugas Bea dan Cukai Tembilahan melakukan operasi peredaran BKC di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu.

Pada pertengahan bulan Desember 2013, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan bersama Tim P2 Kanwil Riau dan Sumbar melakukan operasi peredaran BKC di wilayah Kab. Indragiri Hulu. Hasilnya, Penegahan terhadap 317.356 batang rokok jenis SKT, SKM dan SPM berbagai merk yang pita cukai yang dilekatkan tidak sesuai dengan yang diwajibkan dari beberapa pasar di wilayah tersebut. Perkiraan nilai barang tersebut adalah sebesar Rp. 38.000.000 dan kerugian Negara yang ditimbulkan sebesar Rp. 231.756.660.

Kemudian, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan kembali berhasil melakukan penegahan terhadap 4.889.600 batang rokok jenis SKM berbagai merk yang pita cukai yang dilekatkan tidak sesuai dengan yang diwajibkan. Perkiraan nilai barang tersebut adalah sebesar Rp. 1.423.960.000 dan kerugian Negara yang ditimbulkan sebesar Rp. 3.593.856.000.

Dan di akhir tahun 2013, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan berhasil melakukan penegahan terhadap 120.000 batang rokok jenis SPM merk “Luffman” tanpa dilekati pita cukai asal kawasan bebas Batam. Perkiraan Nilai barang tersebut adalah sebesar Rp. 18.000.000 dan kerugian Negara yang ditimbulkan sebesar Rp. 46.800.000.

Dan diakhir Operasi Pengawasan Peredaran BKC tepatnya tanggal 02 Januari 2014, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan berhasil melakukan penegahan terhadap 305.400 batang rokok jenis SPM merk “Luffman” dan jenis SKM merk “UP Revolution” tanpa dilekati pita cukai asal kawasan bebas Batam, Perkiraan nilai barang tersebut adalah sebesar Rp. 46.770.000 dan kerugian Negara yang ditimbulkan sebesar Rp. 182.499.000.    

Kepala KPPBC TMP C Tembilahan Zaky Firmansyah menghimbau agar seluruh elemen masyarakat khususnya Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu untuk tidak melakukan kegiatan jual beli/distribusi rokok asal kawasan bebas tanpa dilekati pita cukai dan/atau rokok yang pita cukai yang dilekatkan tidak sesuai dengan yang diwajibkan karena dapat mengakibatkan kerugian Negara dan operasi kali ini selain melakukan penindakan juga dilakukan sosialisasi bersama tim P2 Kanwil DJBC Riau dan Sumbar kepada penjual eceran agar tidak melakukan jual beli/distribusi rokok yang melanggar ketentuan di bidang Cukai. Zaky Firmansyah juga menegaskan bahwa akan berkoordinasi dengan KPU BC Batam sebagai langkah-langkah pencegahan ke depan atas peredaran BKC jenis rokok yang berasal dari Batam.       

                     

Dari hasil operasi akhir tahun tersebut, total barang hasil penindakan sebanyak 5.632.356 batang rokok jenis SKT, SKM, dan SPM, total Perkiraan nilai barang sebesar Rp. 1.526.730.000,- dan kerugian Negara yang ditimbulkan sebesar Rp. 4.054.911.660,-. Barang hasil penindakan tersebut diduga melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2012 Perlakuan Kepabeanan, Perpajakan, Dan Cukai Serta Tata Laksana Pemasukan Dan Pengeluaran Barang Ke Dan Dari Serta  Berada Di Kawasan Yang Telah Ditetapkan Sebagai Kawasan Perdagangan Bebas Dan Pelabuhan Bebas.

Peringatan Hari Anti Korupsi

Des
13
Peringatan Hari Anti Korupsi

Pada tanggal 09 Desember 2013, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan menyelenggarakan rangkaian acara untuk memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia.  Rangkaian acara dilakukan dari pagi hingga sore hari yang dibagi dalam beberapa bagian acara, mulai dari apel pagi sampai dengan siraman rohani oleh ustad setempat.


 

Motivasi dan Inspirasi Hari Anti Korupsi Sedunia


Setelah melakukan apel pagi dalam memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, pada pukul 09.00 WIB dilakukan kegiatan pemberian motivasi dan inspirasi yang bertemakan “Menjadi Insan dan Pendukung Gerakan Anti Korupsi”. Kegiatan pemberian motivasi ini sendiri diadakan di Aula Sri Gemilang KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan yang dihadiri oleh para pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan dan beberapa pengguna jasa.


Acara pemberian motivasi ini dimulai dengan menyanyikan Mars Bea dan Cukai. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, Zaky Firmansyah. Dalam sambutannya, kepala kantor mengingatkan kembali bahwa bea cukai memegang peranan penting dalam memerangi korupsi, mengingat bahwa tugas utama bea cukai sebagai salah satu penjaga keuangan negara yang rentan dengan bahaya korupsi. Oleh karena itu, petugas bea cukai terutama para pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan harus lebih berkomitmen dalam memerangi berbagai bentuk korupsi.

Selanjutnya, acara diisi dengan pemberian motivasi oleh Sahari, sebagai narasumber yang dalam hal ini juga merupakan seorang motivator yang sudah akrab di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Dalam pemberian motivasinya, dengan penuh semangat, Sahari mencoba membakar semangat para peserta dalam memberantas korupsi. Kemudian, setelah selesai dengan pemberian motivasi, kegiatan dilanjutkan dengan membuka sesi tanya jawab dan kemudian pemberian plakat kepada narasumber.

Kemudian acara diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, yang dimulai oleh Kepala Kantor dan para Kepala Seksi.

Ceramah Siraman Rohani


Setelah para pegawai disegarkan semangatnya (Intelligence Quotients dan Emotional Quotiens) melalui pemberian motivasi, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan ceramah siraman rohani untuk penyegaran rohani (Spiritual Quotients) para pegawai. Acara ceramah siraman rohani, dimulai pada pukul 16.30 WIB dan diadakan di halaman kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Acara ini dihadiri oleh seluruh pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan dan keluarga, serta undangan yang terdiri dari anak – anak yatim piatu, dan para pensiunan.

Acara dimulai dengan pembacaan doa, dan kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan kepala kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, Zaky Firmansyah. Dalam kata sambutannya, Kepala Kantor mengungkapkan bahwa untuk memberantas korupsi dibutuhkan tidak hanya sekedar semangat, namun juga hati yang bersih untuk melawan bahaya korupsi. Setelah sambutan kepala kantor, acara dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak – anak yatim piatu dan kepada para pensiunan.

Dan kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian ceramah siraman rohani oleh Ustad Ruhkiat. Dalam ceramahnya yang juga masih bertemakan Hari Anti Korupsi Sedunia, banyak hal yang diingatkan kembali, salah satunya bahwa korupsi itu merupakan perbuatan terlarang bukan hanya dari sisi hukum melainkan juga dari sisi agama, oleh karena itu kita sebagai umat beragama harus giat melawan korupsi. Kemudian ceramah siraman rohani diakhiri dengan pembacaan doa dan selanjutnya diakhiri dengan melakukan sholat maghrib berjamaah.


Workshop Fotografi

Des
13
Workshop Fotografi

Dalam rangka meningkatkan kemampuan pegawai dalam bidang fotografi, pada hari Minggu, tanggal 08 Desember 2013 Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C mengadakan Workshop Fotografi. Workshop yang dimulai pukul 10.00 WIB ini,  diadakan di Aula Sri Gemilang dan Lingkungan Kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Workshop fotografi tersebut dibagi dalam beberapa sesi, dan dimulai dengan sesi pemaparan materi tentang teknik dan dasar fotografi. Pada sesi ini, narasumber yang merupakan seorang fotografer professional memaparkan tentang teknik – teknik dan pengetahuan dasar fotografi. Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto indoor, dalam sesi ini para peserta diberi kesempatan untuk mempraktekkan materi yang didapatkan sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan kemudian diakhiri pada sore hari dengan sesi foto outdoor.

Dengan diadakannya Workshop Fotografi ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para peserta dalam hal fotografi, sehingga akan lebih mudah dalam melaksanakan tugas yang berhubungan dengan bidang fotografi, seperti dokumentasi kegiatan yang diadakan kantor.

Ulang Tahun BC Tembilahan

Nov
21
Ulang Tahun BC Tembilahan

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor KEP-166/BC/2012 tanggal 19 November 2012 tentang Penetapan Tipologi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B, KPPBC Tipe Madya Pabean C, dan KPPBC Tipe Pratama, dan sejak diresmikan pada tanggal 21 November 2012, maka KPPBC Tipe A3 Tembilahan berubah menjadi KPPBC Tipe Madya Pabean C (kantor modern). Sehubungan dengan itu, tahun ini, tepatnya pada tanggal 21 November 2013, KPPBC Tipe Madya Tembilahan merayakan ulang tahunnya yang pertama.  

Perayaan ulang tahun diselenggarakan secara sederhana di Aula Sri Gemilang KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, dengan rangkaian acara mulai dari pemutaran kembali video soft launching kantor modern, kata sambutan dari Kepala Kantor, meniup lilin ulang tahun, pemotongan kue ulang tahun, dan pembagian kue ulang tahun.

Ulang tahun adalah pertambahan usia, bisa juga diartikan sebagai bertambahnya kedewasaan, yang berarti pula bertambahnya pengalaman selama satu tahun terakhir. Kita berharap bahwa dengan bertambahnya usia, berarti pula bertambahnya kematangan dalam berpikiran dan  kebijaksaanaan. Demikian pula halnya dengan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan dengan bertambahnya satu tahun pengalaman, semoga bisa terus meningkatkan pelayanan yang terbaik dan maksimal kepada masyarakat.

Selamat Ulang tahun KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Bravo BC Tembilahan !

CVC PT. PULAU SAMBU GUNTUNG

Nov
15
CVC PT. PULAU SAMBU GUNTUNG

KPPBC TMP C Tembilahan kembali melaksanakan CVC (Customs Visit Customer) yaitu Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan nomor 120/PMK.04/2013 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 147/PMK.04/2011 Tentang Kawasan Berikat dan penandatanganan MOU Kelapa X-Press tahun 2014. Acara yang berlangsung pada hari Kamis, tanggal 14 November 2013 ini dimulai pada pukul 09.00 di Kawasan Berikat PT. Pulau Sambu Guntung, Sungai Guntung, Indragiri Hilir. dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan sungai dengan moda transportasi Speed Boat dari Tembilahan untuk dapat sampai ke lokasi.

Acara yang dihadiri oleh 35 orang peserta dari PT. Pulau Sambu Guntung, PT. Pulau Sambu Kuala Enok dan PT. Riau Sakti United Plantations ini dimulai dengan sosialisasi oleh pemateri Kepala KPPBC TMP C Tembilahan, Zaky Firmansyah. Dalam materinya Kepala Kantor mengatakan bahwa, Peraturan Menteri Keuangan nomor 120/PMK.04/2013 ini merupakan “Angin Segar” bagi para Pengusaha Kawasan Berikat karena terdapat paket kebijakan fiskal berupa stimulus fiskal yaitu penambahan kuota penjualan dalam negeri barang hasil produksi kawasan berikat dan penyederhanaan perizinan yaitu pemindahan lokasi perizinan dari Kantor Wilayah ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan untuk perizinan peralatan pabrik dan suku cadang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MOU Kelapa X-press tahun 2014 yaitu kemudahan pelayanan perizinan pemasukan barang ke kawasan berikat antara Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, Zaky Firmansyah dengan Vice General Manager PT. Pulau Sambu Guntung, Satina Somad. Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata KPPBC TMPC Tembilahan dan peninjauan lokasi produksi Kawasan Berikat dan Hanggar PT. Pulau Sambu Guntung.