Melayani dengan cepat dan ikhlas Mengawasi dengan kesungguhan Membina SDM secara profesional

SELAMAT DATANG
di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan

Berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Bumi Sri Gemilang, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan merupakan instansi vertikal di bawah Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat. Kantor ini merupakan kantor transformasi dari KPBC Tipe A3 Tembilahan, dengan kegiatan utama memberikan pelayanan ekspor dan impor umum serta kawasan berikat. Komoditi kepabeanan yang utama, berasal dari hasil perkebunan berupa kelapa dan kelapa sawit. Didukung oleh sumber daya dan teknologi yang ada, kami siap melaksanakan dan mensukseskan visi dan misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. DUKUNG KAMI UNTUK LEBIH BAIK!

Polling Pendapat
Kejujuran pendapat Anda tentang pelayanan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan




Peraturan Baru
Layanan Masyarakat
PENGADUAN bctembilahan@customs.go.id SMS : 081275377466; Telp (0768)325745
Petugas 1 Petugas 2

Form Pengaduan


*Demi kepentingan bersama, IP Address Anda berikut ini 54.83.133.189 akan kami simpan.
Statistik Pengunjung
Minggu ini : 1793
Bulan ini : 7250
Tahun ini : 30171
Online : 2
Anda pengunjung ke :
00164028

Berita & Agenda

Customs Goes to School

Jun
18
Customs Goes to School

Senin, 17 Juni 2013, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengadakan sosialisasi ke SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu dengan mengusung tema “Kenali Kami Bea & Cukai”. Acara yang bertujuan untuk memperkenalkan Bea Cukai, fungsi dan tugas mereka, dengan harapan dapat membangun kerja sama yang baik antara Bea Cukai dengan masyarakat sekitar.

Acara sosialisasi ini dihadiri sekitar 70 siswa siswi SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu yang memenuhi ruang Laboratorium sebagai tempat sosialisasi. Sekitar pukul 09.00 WIB, acara sosialisasi dimulai. Acara dibuka oleh M. Zulfikar mewakili Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan yang berhalangan untuk hadir.

 Sebagai perkenalan, acara dimulai dengan penayangan video profil KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, dan video profil ini mendapat aplaus yang sangat meriah dari siswa siswi. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh Agustinus Rahmad Subagyo, Kepala Seksi kepatuhan Internal dan Penyuluhan. Materi yang disampaikan berupa pengertian Bea Cukai secara luas, tugas, dan tanggung jawab yang diemban. Materi kedua adalah profil KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Dijelaskan dimana letak kantor Bea Cukai Tembilahan berada, apa sarana dan prasarana yang disediakan, dan sumbangsih KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan bagi negara.

Dan materi yang terakhir dijelaskan bagaimana cara masyarakat dalam membantu DJBC, salah satunya adalah dengan menjadi anggota DJBC. Dijelaskan bagaimana caranya agar bisa bergabung menjadi anggota DJBC salah satunya adalah dengan mengikuti pendidikan tinggi kedinasan STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) yang merupakan pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan (Prodip Keuangan). Dijelaskan juga apa saja program yang diselenggarakan STAN, lokasi kuliahnya, bagaimana cara mendaftarnya, apa saja syaratnya serta apa saja yang diujikan untuk dapat masuk ke STAN.

Sesi yang berikutnya adalah sesi tanya jawab. Para siswa siswi terlihat sangat antusias dilihat dari banyaknya pertanyaan, dan 3 (tiga) penanya pertama mendapatkan hadiah. Pertanyaan yang diajukan cukup beragam, mulai dari patroli Bea Cukai, pertanyaan seputar STAN, sampai bagaimana cara penghitungan cukai. Dan sesi yang terakhir adalah kuis. Bagi siswa/siswi yang berhasil menjawab akan mendapat hadiah.

Diakhir acara dilakukan foto bersama, dan acarapun selesai sekitar pukul 11.00 WIB.

SOSIALISASI CUKAI KODIM 0314

Mei
28
SOSIALISASI CUKAI KODIM 0314

Selasa, 28 Mei 2013, KPPBC Tipe Madya Pabean C memenuhi undangan dari Kodim 0314/Indragiri Hilir untuk melakukan sosialisasi. Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan bertempat di aula Grhabakti Kodim 0314/Indragiri Hilir. Acara ini dihadiri sekitar 110 anggota TNI Indragiri Hilir, sedang KPPBC TMP C Tembilahan diwakili Kepala Kantor, Kasi Penindakan dan Penyidikan, Kasi Perbendaharaan dan 1 orang pelaksana pada seksi Penindakan dan Penyidikan.

Dimulai dengan penayangan video profil KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Kepala Kantor. Kemudian penyampaian materi dengan tema Pengenalan Tentang Cukai disampaikan oleh M. Zulfikar, Kasi Perbendaharaan. Selain pengenalan tentang cukai, juga dijelaskan bagaimana mengidentifikasi pita cukai untuk membedakan antara pita cukai yang asli dan palsu. Pada acara sosialisasi ini peserta terlihat sangat antusias, hal itu terbukti dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan.

Acara selesai sekitar pukul 11.00 WIB, yang diakhiri dengan berfoto bersama. Semoga dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan sinergi antara Bea dan Cukai Tembilahan dengan Kodim 0314/ Indragiri Hilir dapat semakin kuat.

ISRA MI'RAJ 1434 H

Mei
24
ISRA MI'RAJ 1434 H

Kamis, 23 Mei 2013, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengadakan acara peringatan Isra Mi’raj 1434 H,dengan tema "ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW 1434 H SEBAGAI REFLEKSI MEMBANGUN INTEGRITAS PEGAWAI. Acara tersebut dihadiri sekitar 70 orang pegawai berserta keluarga, pensiunan dan anak-anak yatim. Dalam rangka memperingati Isra Mi’raj 1434 H, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan memberikan santunan kepada 25 anak yatim dan bingkisan kepada pensiunan. 

Sebelum acara dimulai, anak-anak yatim menampilkan bakat mereka. Sekitar 60 menit mereka menampilkan marawis yang kemudian dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah. Dan sekitar pukul 18:30 WIB, Kepala Kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan membuka acara tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah, yang merupakan inti dari dilaksanakannya acara tersebut. Pada acara tersebut juga ada sesi kuis, yang diperuntukkan kepada anak-anak yatim.

Acara berakhir sekitar pukul 20.00 WIB. Sebelum pulang, diadakan foto bersama pegawai dan seluruh tamu undangan yang hadir. Semoga dengan diadakannya acara peringatan Isra Mi’raj tersebut akan meningkatkan integritas kita sebagai pegawai dan juga meningkatkan Iman kita kepada Allah SWT.

PENINDAKAN RIBUAN MMEA/BIR

Mei
22
PENINDAKAN RIBUAN MMEA/BIR

Pada hari Senin tanggal 20 Mei 2013 sekitar pukul 08.15 WIB bertempat di Parit 7, Kelurahan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Tim Penindakan dan Penyidikan (P2) KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan M. Arfah berhasil melakukan penindakan terhadap Barang Kena Cukai Minuman Mengandung Etil Alkohol (BKC MMEA) golongan A asal impor berupa bir merk “ABC EXTRA STOUT” sebanyak 843 Case, merk “TIGER” sebanyak 166 Case, merk “GUINNESS FOREIGN EXTRA” sebanyak 20 Case dengan jumlah keseluruhan sebanyak 1029 case (@24 kaleng) atau setara dengan 24.696 kaleng tanpa dilekati pita cukai.

Penindakan tersebut berawal dari informasi petugas Bea dan Cukai Tembilahan yang sedang surveillance di wilayah Tembilahan. Dari hasil surveillance tersebut didapat kegiatan pembongkaran barang yang diduga merupakan bir yang diangkut dengan menggunakan speedboat kayu dan ditimbun disebuah gudang di wilayah Parit 7, Tembilahan. Berdasarkan informasi tersebut Tim P2 segera ke lokasi tetapi sesampainya dilokasi kegiatan pembongkaran telah selesai. Menurut informasi dari warga sekitar, bahwa benar sekitar pukul 20.30 WIB terdapat kegiatan pembongkaran bir di lokasi tersebut dan bir tersebut kini masih berada di dalam gudang. Mengingat waktu sudah malam, tim P2 memutuskan untuk memonitor gudang hingga pagi hari.

Keesokan harinya tanggal 20 Mei 2013 sekitar pukul 08.15 WIB, atas seizin pemilik gudang, Ketua RT dan Ketua RW, Tim P2 membuka paksa gudang tersebut dengan disaksikan oleh Ketua RT, ketua RW dan warga sekitar. Kedapatan ribuan bir beberapa merk yang ditumpuk didalam gudang. Selanjutnya bir tersebut di bawa ke KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan guna proses penyelidikan untuk menemukan pemilik MMEA illegal tersebut dan kemudian gudang dilakukan penutupan dan penyegelan. Akibat dari pelanggaran tersebut, diperkirakan kerugian negara yang timbul adalah sebesar Rp. 1.185.695.520,00 (satu milyar seratus delapan puluh lima juta enam ratus sembilan puluh lima ribu lima ratus dua puluh rupiah).

SOSIALISASI SKP & GRATIFIKASI

Mei
14
SOSIALISASI SKP & GRATIFIKASI

Pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 7 dan 8 Mei 2013, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengadakan acara sosialisasi Sistem Komputer Pelayanan Ekspor dan Outward Manifest, sekaligus sosialisasi pengendalian gratifikasi yang diikuti oleh eksportir, pengusaha Kawasan Berikat dan para pengangkut di lingkungan kerja KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.

Acara sosialisai SKP Ekspor dan Outward Manifest dan pengendalian gratifikasi dimulai pukul 09:00, dan acara ini dibuka sendiri oleh Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, Zaky Firmansyah.

         Pada hari pertama  yaitu tentang SKP Ekspor disampaiakan oleh Andi Haryawan selaku Kepala Seksi PKCDT memperkenalkan SKP CEISA Online BC 3.0 kepada seluruh eksportir dan pengusaha Kawasan Berikat agar seluruh eksportir mengerti tentang sistem CEISA Online BC 3.0 yang sudah tersentralisasi dengan kantor pusat. Di dalam acara ini terdapat sesi pertanyaan dari eksportir dan pengusaha Kawasan Berikat kepada narasumber mengenai hal yang belum dimengerti oleh eksportir dan pengusaha Kawasan Berikat. 

         Pada hari kedua tentang yaitu SKP Outward Manifest disampaiakan oleh Muhammad Zulfikar selaku Kepala Seksi Perbendaharaan yang menjelaskan kepada seluruh eksportir dan pengusaha Kawasan berikat agar mengerti tentang sistem CEISA Online Outward Manifest sehingga kegiatan pelayanan outward manifest di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan dapat berjalan lancar karena saat ini sistem SKP CEISA telah tersentralisasi dengan kantor pusat DJBC.

Pada hari pertama dan kedua dilakukan juga sosialisasi pengendalian gratifikasi yang sesuai dengan surat Kepala Pusat Kepatuhan Internal Kepabeanan dan Cukai nomor: S-150/KIBC/2013 tentang program pengendalian gratifikasi di lingkungan DJBC disampaikan oleh Agustinus Rahmad Subagio selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan. Acara sosialisasi Sistem Komputer Pelayanan Ekspor dan Outward Manifest dan sosialisasi pengendalian gratifikasi ditutup pada pukul 11:30 WIB pada hari pertama dan kedua.

Semoga dengan diselenggarakannya acara sosialisasi tersebut diatas, para eksportir dan pengusaha Kawasan Berikat dan pengangkut mengerti tentang sistem SKP yang baru terkait Ekspor dan Outward Manifest, selain itu juga memahami dan mendukung program pengendalian gratifikasi di lingkungan DJBC khususnya KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.