Melayani dengan cepat dan ikhlas Mengawasi dengan kesungguhan Membina SDM secara profesional

SELAMAT DATANG
di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan

Berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Bumi Sri Gemilang, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan merupakan instansi vertikal di bawah Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat. Kantor ini merupakan kantor transformasi dari KPBC Tipe A3 Tembilahan, dengan kegiatan utama memberikan pelayanan ekspor dan impor umum serta kawasan berikat. Komoditi kepabeanan yang utama, berasal dari hasil perkebunan berupa kelapa dan kelapa sawit. Didukung oleh sumber daya dan teknologi yang ada, kami siap melaksanakan dan mensukseskan visi dan misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. DUKUNG KAMI UNTUK LEBIH BAIK!

Polling Pendapat
Kejujuran pendapat Anda tentang pelayanan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan




Peraturan Baru
Layanan Masyarakat
PENGADUAN bctembilahan@customs.go.id SMS : 081275377466; Telp (0768)325745
Petugas 1 Petugas 2

Form Pengaduan


*Demi kepentingan bersama, IP Address Anda berikut ini 174.129.103.100 akan kami simpan.
Statistik Pengunjung
Minggu ini : 484
Bulan ini : 5900
Tahun ini : 78505
Online : 2
Anda pengunjung ke :
00212362

Berita & Agenda

SMARTPHONE ILLEGAL !!!

Okt
17
SMARTPHONE ILLEGAL !!!

Pada hari rabu tanggal 16 Oktober 2013 sekitar pukul 14.30 WIB, Petugas Bea dan Cukai Tembilahan yang dipimpin Asnawi, Kasubsi Penindakan berhasil menegah Handphone dan Aksesoris illegal yang dikemas dalam 2 karton dan 1 bag di Dermaga Syahbandar, Tembilahan. Barang illegal tersebut diduga merupakan barang kiriman yang dimuat dari  speed boat  RJ. 08 asal Batam tujuan Tembilahan. Penindakan tersebut merupakan hasil kegiatan intelijen yang dilakukan oleh KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan terkait peredaran Handphone yang diduga illegal asal Batam di Tembilahan.

Kegiatan pemasukan Handphone illegal ini dari Batam diduga dilakukan dengan menggunakan modus barang kiriman dan sesampai di Dermaga Tembilahan dibawa oleh jasa porter. Hal ini dapat dilihat dari barang bukti yang diamankan berupa 2 karton dan 1 bag yang bertali hijau, diambil dari speed boat RJ. 08 tersebut dan diletakan ke dalam gerobak oleh  porter untuk selanjutnya dikirim ke seseorang yang diduga pemilik barang illegal ini. Atas kecurigaan ini,  kotak dan bag tersebut diperiksa dan kedapatan handphone dan aksesories illegal. Atas temuan tersebut barang bukti, salah satu crew speed boat RJ. 08, dan salah satu porter dibawa ke KPPBC TMP C Tembilahan guna proses penelitian lebih lanjut..

Dari barang bukti yang diamankan dilakukan  pencacahan dan dibuatkan Berita Acara dengan disaksikan/ditandatangani  crew Speed Boat RJ. 08 dan porter, sebagai berikut :

-       Kotak pertama kedapatan 86 Handphone  (handset) merk Samsung Galaxy S4 i9500;

-       Kotak kedua 74 Handphone (handset) merk Samsung Galaxy S4 i9500; dan

-       Pada bag kedapatan 80 Pcs handphone (handset)  merk Samsung Galaxy S4 i9500 dan 59 Pcs cover / hardcover Samsung Galaxy S4 i9500.

Dari hasil permintaan keterangan terhadap crew speed boat. RJ 08 a.n ZK dan  porter a.n. SY didapat keterangan bahwa barang tersebut merupakan barang kiriman dari Batam dan mereka tidak mengetahui pemilik atau penerima barang tersebut. Selanjutnya, Bea dan Cukai akan mengembangkan penyelidikan untuk memanggil pihak – pihak lain yang terkait atas kejadian tersebut guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan Zaky Firmansyah menghimbau agar semua lapisan masyarakat untuk tidak memasukkan barang larangan dan pembatasan tanpa dilindungi dokumen kepabeanan. Hal tersebut dapat merusak peredaran dalam negeri dan merugikan negara. Beliau juga menerangkan bahwa akan terus meningkatkan pengawasan dan mengembangkan informasi-informasi intelijen secara terus menerus.

Diperkirakan nilai barang tersebut sebesar Rp. 1.200.000.000,00, (satu milyard dua ratus juta rupiah) dan kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp. 215.000.000,00 (dua ratus lima belas juta rupiah). Adapun ketentuan yang dilanggar adalah Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 2012 Tentang Perlakuan Kepabeanan, Perpajakan, dan Cukai Serta Tata Laksana Pemasukan dan Pengeluaran Barang ke dan dari Serta Berada di Kawasan Yang Telah Ditetapkan Sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dan  Peraturan Menteri Kominfo No: 29/PER/M.KOMINFO/09/2008 tanggal 09 September 2008 tentang Sertifikasi Alat & Perangkat Telekomunikasi.

IDUL QURBAN 1434 H

Okt
15
IDUL QURBAN 1434 H

Selasa tanggal 15 Oktober 2013 yang bertepatan dengan hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah yang juga dinamakan sebagai Hari Raya Haji atau Idul Qurban, para pegawai dan karyawan unsur pendukung kantor KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan setelah melakukan sholat ied melaksanakan pemotongan hewan qurban berupa satu ekor sapi dan satu ekor kambing di area KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.

       Pada saat pelaksanaan pemotongan hewan qurban sampai dengan pembagiannya dilakukan bersama-sama dengan bahu membahu oleh para pegawai dan karyawan unsur pendukung kantor termasuk juga para pegawai yang non muslim sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian di antara pegawai.

       Daging hewan kurban selanjutnya dibagikan langsung kepada para anak yatim, kaum duafa, pensiunan pegawai bea dan cukai, pegawai dan unsur pendukung kantor dilakukan dengan sistem diantar langsung.

       Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa,  pelaksanaan peringatan hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan berjalan dengan aman dan lancar. Diharapkan dengan adanya peringatan ini kita bisa lebih meningkatkan dan mempertahankan semangat kebersamaan dan semangat kepedulian khususnya di antara pegawai dan unsur pendukung kantor maupun terhadap masyarakat sekitar.

kurbanFoto bersama

Training ESQ BC Tembilahan

Okt
02
Training ESQ BC Tembilahan

Bahwa untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Sabtu pagi, tanggal 28 September 2013 KPPBC TMP C Tembilahan mengadakan ESQ training di meeting room Hotel Winstar Pekanbaru yang diselenggarakan oleh Lembaga ESQ Way 165 Cabang Pekanbaru. Kegiatan Training dimulai pukul 08.00 WIB selama satu hari yang pimpin langsung oleh Trainer yang sekaligus juga sebagai  Branch Manager Lembaga ESQ Way 165 Cabang Pekanbaru ‘Achmad Zaki’.

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara dibuka oleh Zaky Firmansyah selaku Kepala KPPBC TMP C Tembilahan. Rasa letih karena perjalanan jauh dari Tembilahan ke Pekanbaru tidak menghalangi antusiasme para pegawai untuk mengikuti training tersebut. Hal ini terlihat ketika sapaan dan permain-permainan seru dari trainer diikuti dengan semangat oleh seluruh pegawai. Training ESQ ini sendiri merupakan pelatihan untuk mengkaji secara lebih dalam kecerdasan emosi (Emotional Quotion)  dan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotion) para pesertanya.

Sekitar pukul 17.30 acara berakhir dan ditutup oleh Kepala KPPBC TMP C Tembilahan ‘Zaky Firmansyah’. Dalam sambutan penutupnya, Kepala KPPBC TMP C Tembilahan mengaharapkan agar kita dapat mengambil hikmah dan manfaat atas kegiatan training ESQ bagi organisasi/kantor dan kita sebagai individu/pribadi yang untuk selanjutnya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan tidak hanya berhenti setelah selesai dari kegiatan training namun mesti berkesinambungan sehingga dapat menjadikan pribadi-pribadi yang bermanfaat bagi keluarga, organisasi/kantor dan masyarakat.

(Tim ESQ BC Tembilahan).

SUKSES DALAM KARIR

Sep
19
SUKSES DALAM KARIR

Kamis, 19 September 2013, KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan mengadakan P2KP yang bertemakan “Sukses Dalam Karir”. P2KP ini berbeda dari P2KP yang lain karena kali ini tidak betujuan meningkatkan pengetahuan dan skill pegawai, melainkan memberikan motivasi. Bertempat di Aula Sri Kemuning KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, acara dimulai sekitar pukul 08.30 WIB dan dihadiri seluruh pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan.

Acara dibuka oleh Zaky Firmansyah selaku Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan, yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian motivasi oleh Sahari yang juga merupakan pengguna jasa kepabeanan di lingkungan KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Pokok materi yang disampaikan adalah bagaimana menjadi seorang yang sukses dan bagaimana mempertahankannya. Sahari juga membagikan pengalamannya, jatuh bangunnya hingga bisa berada pada posisi yang sekarang.

Acara ditutup oleh Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan dan selesai sekitar pukul 12.00 WIB. Diharapkan dengan diadakannya acara ini, semua pegawai dapat lebih giat dalam bekerja, sehingga kesuksesan dapat diraih.

PENILAIAN KPPc BC TEMBILAHAN

Sep
13
PENILAIAN KPPc BC TEMBILAHAN

Setelah dilaksanakannya Penilaian Kantor Pelayanan Percontohan Tingkat DJBC pada bulan Maret lalu, pada hari Kamis tanggal 5 September 2013 kembali diselenggarakan Penilaian Kantor Pelayanan Percontohan Tingkat Kemenkeu. KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan merupakan kantor ketiga dari tiga kantor pelayanan bea cukai yang mewakili DJBC untuk perlombaan tingkat Kementerian Keuangan. Sebagai Tim Penilai yaitu, Sekretaris Inspektorat Jenderal, Sofandi Arifin, Tenaga Pengkaji Bidang Perencanaan Stratejik, Dini Kusumawati, dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau, Lukman Effendi.

Perwakilan dari DJBC yaitu Kepala Kanwil DJBC Riau & Sumatera Barat, Azhar Rasyidi, Kepala Bagian OTL Kantor Pusat DJBC, Deny Isworo, dan juga didampingi oleh beberapa pejabat struktural di lingkungan Kantor Wilayah. Sambutan dari Kakanwil membuka acara penilaian setelah para pegawai dan hadirin menyanyikan lagu “Mars Bea Cukai” yang dibawakan oleh paduan suara pegawai Bea Cukai Tembilahan. Dalam sambutannya Bapak Azhar Rasyidi menyampaikan beberapa faktor yang menjadi sebab terpilihnya KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan sebagai wakil DJBC untuk Kantor Pelayanan Percontohan Kementerian Keuangan 2013 ini. Faktor-faktor seperti letak geografis yang cukup jauh, kesulitannya pelaksanaan tugas, pencapaian target penerimaan, dan tentunya kreativitas hasil kerja keras serta dukungan dari berbagai pihak merupakan elemen yang sangat layak untuk dijadikan keunggulan dari kantor yang hanya memiliki pegawai berjumlah 29 orang ini.

Setelah kata sambutan dari Kakanwil DJBC Riau & Sumatera Barat kemudian dilanjutkan oleh presentasi oleh Kepala KPPBC, Bapak Zaky Firmansyah, yang dalam kesempatannya menyampaikan perubahan-perubahan yang telah terjadi pada kantor Bea Cukai Tembilahan dan juga inovasi-inovasi yang telah diciptakan oleh sumber daya manusia di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan. Inovasi-inovasi seperti TRUST (Tembilahan Remote Utility System), CTIA (Customs Tembilahan Integrated System), Pengarsipan Modern yang memiliki trademark khas Tembilahan yaitu BIAWAK akronim dari Budaya Ingat Arsip Wujud Akuntabilitas Kantor dan beberapa inovasi yang sangat membantu dalam optimalisasi tugas. KPPBC Tembilahan juga merupakan Kantor Pelayanan Bea Cukai pertama di pulau Sumatera yang menerapkan pelayanan berbasis manajemen mutu ISO 9001:2008 kepada para pengguna jasa.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diberikan oleh tim penilai kepada jajaran KPPBC Tembilahan. Setelah itu dilanjutkan dengan tanya jawab kepada para stakeholders/pengguna jasa diakhiri dengan peninjauan sarana dan prasarana Kantor. Para undangan yang hadir terdiri dari unsur Muspida Indragiri Hilir, perwakilan instansi-instansti di Kota Tembilahan, tokoh masyarakat, dan tentunya stakeholder yang melakukan kegiatan di KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan memberikan respon yang positif terhadap keikutsertaan Bea Cukai Tembilahan dalam Kantor Pelayanan Percontohan Kementerian Keuangan tahun 2013. Bravo BC Tembilahan !

 (KIP BC Tembilahan)